16
Mar
12

Pembekalan Tim Pemandu APP Kevikepan Surabaya Selatan

Dalam pengantarnya, dijelaskan mengenai pemahaman tentang hidup sejahtera yang diselaraskan dengan motto dari Bapak Uskup “Aku datang supaya mereka mempunyai hidup dan mempunyainya dalam segala kelimpahan (Yohanes 10:10).
Hidup kelimpahan tidak lain adalah hidup dalam iman kepada Tuhan. Tuhan memiliki dan mengendalikan segalanya. Harta benda merupakan kehormatan, bukan sekedar hak milik sebagai yang utama. Harta benda merupakan berkat Tuhan yang patut kesanggupannya, seturut kodrat, seturut pemberian Tuhan dan konsekuensi iman.
Bertempat di aula Paroki Gembala Yang Baik, diikuti sekitar 80 orang perwakilan dari paroki-paroki di Kevikepan Surabaya Selatan, di antaranya PHKY, Yohanes Pemandi, Gembala Yang Baik, Salib Suci, Roh Kudus, Paulus -Juanda dan Paroki Maria Annuntiata Sidoarjo. Diawali dengan makan malam, selanjutnya para peserta diajak mendengarkan pengantar oleh Romo Luluk Widyawan, Pr. sebagai Romo moderator APP dari Keuskupan Surabaya.
Hidup dalam kelimpahan bukan berarti kelimpahan harta benda duniawi, tetapi menempatkan dan mengarahkan harta benda duniawi tersebut untuk memuliakan Tuhan. Dengan demikian mewujudkan hidup sejahtera berarti menjadikan materi sebagai sarana untuk mengabdikan diri kepada Tuhan melalui karya amal kasih dan pemberdayaan kepada sesama.
Selain mengupas tentang makna hidup sejahtera sesuai motto dari Bapak Uskup Surabaya, tema yang mau diangkat juga berkaitan dengan hidup yang Ekaristis.
Artinya tidak terbatas dari cara berpikir, melainkan meliputi seluruh aspek hidup manusia : pikiran, perkataan dan perbuatan dalam hidup sehari-hari sesuai dengan konteks jamannya. Ekaristi adalah puncak dan sumber hidup Kristiani. Sekaligus Ekaristi menjadi titik awal kita masuk dalam dunia sehari-hari, sekaligus membawa kita kembali kepada Ekaristi setelah perjuangan dalam hidup sehari-hari. Karena dalam Ekaristi Yesus hadir secara nyata dan membagikan rahmat-Nya menjadi sumber hidup rohani umat Kristiani.
Setelah Romo Luluk selesai memberikan pengantar untuk masuk dalam tema besar, berikutnya dijelaskan sub-sub tema dalam 5 kali pertemuan oleh Stephanus Sumadji sebagai tim penyusun buku Pendalaman Iman APP 2012 Kevikepan se-Surabaya.
Dalam penjelasannya disampaikan terlebih dahulu mengenai makna cover dari buku yaitu 1) gambar roti yang dipecahkan: lambang Ekaristi atau Yesus yang memberikan diriNya dengan rela berkorban demi hidup yang berkelimpahan bagi para muridNya. 2) gambar dalam lingkaran: menginspirasi kita untuk turut serta mewujudkan hidup sejahtera bagi semua orang (bdk. Yoh 10:10) .
Pola pendalaman iman yang akan dipakai dalam pendalaman iman APP 2012 lebih pada sharing umat dengan mengangkat peristiwa kehidupan sehari-hari. Sehingga diharapkan umat dapat lebih terlibat dan lebih tajam dalam menggali nilai-nilai Injil yang ada pada setiap pertemuan.
Dalam sesi pertanyaan, ada beberapa peserta yang mengakui bahwa tema APP tahun ini lebih mendalam dan mengena berkaitan dengan liturgi khususnya dalam Ekaristi. Hal ini sesuai dengan arah dasar Keuskupan Surabaya yang pada tahun ini fokusnya sebagai Tahun Remaja dan Liturgi.
Dalam perbincangan dengan Edy Antoro sebagai ketua Seksi Katekese PHKY, diakui bahwa tema APP tahun 2012 memang cukup mendalam untuk itu akan diadakan pembekalan kembali khusus untuk seluruh pemandu di Wilayah/Lingkungan PHKY. Tujuannya tidak lain supaya materi APP benar-benar dapat dipahami dan lebih lanjut disampaikan kepada umat dengan cara yang sesuai diharapkan. (*)
Oleh : Agustina Sucihati


0 Responses to “Pembekalan Tim Pemandu APP Kevikepan Surabaya Selatan”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: