16
Mar
12

Menyalakan Adven

Yth Romo,
Ketika masa Advent saya melihat lilin yang selalu dinyalakan romo tiap misa selama bulan Advent. Pertanyaan saya:
1. Apa arti penyalaan lilin tesebut?
2. Mengapa dinyalakan pada saat Advent dan tidak setiap misa minggu?
3. Mengapa warna lilin pada minggu ketiga (merah muda) berbeda dengan minggu-minggu yang lainnya (ungu)?
4. Apakah lingkaran lilin Advent tersebut boleh dipergunakan di rumah? atau di doa-doa lingkungan selama masa Advent?
Saya mengucapkan terimakasih atas jawaban romo
Karin – Wilayah 5 PHKY

Karin yang terkasih, Terimakasih untuk pertanyaanmu. Saya ingin memberikan bebera- pa keterangan. Pertama, karangan Adven sering juga disebut lingkaran Adven, kare-na bentuknya memang lingkaran. Lingkaran tidak mempunyai awal dan tidak mem-punyai akhir, maka lingkaran melambangkan Tuhan yang abadi, tanpa awal dan akhir. Ling-karan Adven dibuat dari daun-daun evergreen. Dahan-dahan evergreen, senantiasa hijau, senantiasa hidup, melambangkan Kristus, yang mati namun hidup kembali untuk selamanya. Kristus datang ke dunia untuk memberikan kehidupan abadi bagi kita. Pada lingkaran itu ter-dapat empat lilin yang melambangkan keempat minggu dalam Masa Adven.Pada awal Masa Adven, sebatang lilin dinyalakan, kemudian setiap minggu berikutnya lilin lain mulai di-nyalakan. Seiring dengan bertambah terangnya Lingkaran Adven setiap minggu dengan ber-tambah banyaknya lilin yang dinyalakan, kita pun diingatkan bahwa kelahiran Sang Terang Dunia semakin dekat.
Kedua, lilin Adven dinyalakan pada masa Adven dan tidak setiap hari Minggu, karena masa Adven adalah masa khusus, masa persiapan menyambut Natal. Masa menyambut kedatangan Sang Terang Dunia. Em-pat batang lilin diletakkan sekeliling Lingkaran Adven, tiga lilin berwarna ungu dan yang lain berwarna merah muda.
Ketiga, Lilin ungu melambangkan pertobatan. Warna ungu mengingatkan kita bah-wa Adven adalah masa di mana kita mempersiapkan jiwa kita untuk menerima Kristus pada Hari Natal. Lilin merah muda dinyalakan pada Hari Minggu Adven III yang disebut Minggu Gaudete. Gaudete berarti sukacita, melambangkan adanya sukacita di tengah masa pertobat-an karena sukacita Natal hampir tiba. Warna merah muda dibuat dengan mencampurkan warna ungu dengan putih. Artinya, seolah-olah sukacita yang kita alami pada Hari Natal (yang dilambangkan dengan warna putih) sudah tidak tertahankan lagi dalam masa perto-batan ini dan sedikit “menyeruak” dalam Masa Adven.
Keempat, tentu sangat diharapkan keluarga-keluarga memasang lingkaran adven di rumah masing-masing. Demikian pula juga pada kesempatan-kesempatan doa Lingkungan hendaknya juga dinyalakan lilin adven. Lingkaran Adven tersebut mengingatkan kita akan perlunya persiapan jiwa untuk menyambut sukacita besar kelahiran Yesus.
Demikian, semoga keterangan tersebut dapat menjawab pertanyaanmu dan me-numbuhkan sikap hati yang tepat dalam menghayati penantian dan pengharapan dengan penyerahan diri yang berfokus pada Tuhan Yesus, sehingga hati kita akan memancarkan da-mai sehajtera yang menentramkan hati sesama di sekitar kita. Tuhan memberkati.


0 Responses to “Menyalakan Adven”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: