16
Mar
12

Melayani Dengan Sepenuh Hati

Profil Wilayah I Paroki HKY Surabaya

Dalam tugas penggembalaan umat di gereja Katolik, kita kenal istilah Paroki. Sebagaimana Gereja terutama adalah himpunan umat beriman, bukan ge-dung, maka pengertian paroki pun pertama-tama adalah himpunan orang, bukan sekedar wilayah, walaupun sifat kewilayahan sebagai aspek yang tetap juga inheren padanya (Kitab Hukum Kanonik Gereja Katolik, kanon 515 art. 1). Pada umumnya Paroki bersifat teritorial, bukan personal, bukan kategorial, di dalam prinsip organisasinya.
Paroki itu terbentuk dari kumpulan beberapa Wilayah, sedangkan Wilayah itu tersusun dari be-berapa Lingkungan (Kring). PHKY terdiri dari enam Wilayah,yaitu Wilayah I St Yosef, Wilayah II St Paulus, Wilayah III St Maria Immaculata, Wilayah IV St Yoha-nes Rasul, Wilayah V St Ignatius dan Wilayah VI St Hele-na. Mulai edisi ini kita akan mengupas secara menda-lam tentang Wilayah I St Yosef di PHKY. Mulai Desem- ber 2011, Rm Antonius Dwi Joko, Pr bertugas sebagai romo pembimbing warga di Wilayah I ini.
Demografi Wilayah I
Wilayah I St Yosef terdiri dari 4 Lingkungan, yaitu Albertus, Carolus, Dominikus dan Elisa-beth. Ketua Wilayah I PHKY, Yohanes Hidajat Kusuma menuturkan bahwa jika dilihat dari peta, tampak Wilayah I Santo Yosef cukup luas, tetapi bangunan yang ta-dinya rumah tinggal, semakin lama banyak yang berubah menjadi ruko atau tempat usaha. Jumlah umat semakin berkurang, dari sensus tahun 2009 hingga saat ini ditemukan ada beberapa keluar-ga yang diam-diam telah pindah tempat, tanpa memberitahu pengurus Lingkungan.
Kegiatan yang dilaksanakan Wilayah I
Ibadat yang diadakan secara bergantian di rumah warga merupakan kegiatan yang dilimpahkan dari Paroki HKY kepada tiap Wilayah. Juga diadakan Misa jika ada permintaan yang bersangkut-an. Pembawa renungan terkadang diisi oleh pemba-wa renungan dari luar. Temanya disesuaikan dengan tema yang terjadi pada bulan tersebut. Misalnya Ibadat Aksi Puasa Pembangunan (Februari), Ibadat Novena Tiga Salam Maria (Mei), Ibadat Bulan Kitab Suci Nasional (September), Ibadat Rosario (Oktober) dan Ibadat Advent (Desember).
Setiap Natal juga diadakan bakti sosial dilaksa-nakan secara bergantian ke panti asuhan yang ber-beda. Pada Natal 2011 baru ini, Wilayah I telah memberikan sumbangan beras, gula dan minyak goreng pada Unit Sosial ”Dharma Putra Swadaya” (10 Januari 2012). Sumbangan alat musik, adaptor komputer di Seminari Garum (30 Januari 2012), setelah beberapa tahun lalu pernah disumbangkan perlengkapan band.
Rekoleksi atau sukacita Natal Wilayah I kali ini baru saja dilaksanakan pada 14-15 Januari 2012 di Bintang Kejora Pacet. Rekoleksi kali ini diikuti 57 peserta bersama dengan romo pembimbing wilayah I yaitu Rm Antonius Dwi Joko,Pr.
Menjelang Natal dan Paskah, pengurus Ling-kungan dan Wilayah didampingi romo mengadakan kunjungan kepada umat yang sakit dan sepuh.
Hingga 20 Desember 2011 telah dikunjungi sebanyak 15 orang, didampingi romo Eko Wiyono,Pr. Asisten Imam Wilayah I juga bertugas mengantar komuni kepada umat yang sakit dan sepuh.
Seksi Sosial Wilayah I juga memberikan pinjaman modal kerja untuk menambah penghasilan bagi umat yang sungguh memerlukan. Pinjaman itu harus ada rekomendasi Ketua Lingkungan dan propo-sal yang bersangkutan.
Kegiatan sosial lain misalnya, membantu biaya perbaikan rumah bagi umat yang tidak mampu. Pernah dibangun kembali sebanyak dua rumah umat yang rusak parah agar menjadi rumah yang layak.
Hidajat Kusuma, yang sudah menjabat Ketua Wilayah I sejak tahun 2005, menjelaskan bahwa segala kegiatan yang dilakukan Wilayah I tidak bisa terlepas dari kebersamaan umat, seluruh pengurus Lingkungan sampai pengurus Wilayah serta sumbangan para donatur. ”Melayani dengan sepenuh hati“ menjadi motto hidup dari Hidayat Kusuma dalam mendampingi umat di wilayah I ini.
Kendala yang dihadapi
Saat ditanya tentang kendala yang muncul da-lam dinamika umat Wilayah I, Hidayat menjelaskan beberapa hal. Pertama jumlah umat semakin sedikit, sulit diadakan kegiatan tingkat Lingkungan, terpaksa hampir semua kegiatan dilakukan tingkat Wilayah. Jumlah lanjut usia (lansia) menjadi banyak, jumlah anak usia SD kurang dari 20 orang.
Selain itu, Seksi Mudika belum bisa terbentuk ka-rena kurangnya orang muda dan jabatan kepengurusan Lingkungan maupun Wilayah sepertinya menjadi “tugas abadi”
Tetap Semangat, Optimis dan Setia pada Gereja
Hidajat berpesan agar jika kita terbebani dalam kekurangan, kita jangan patah se-mangat, demi kesetiaan kita pada gereja, bagaimanapun kita harus terus maju agar Wilayah I tetap eksis. “Kami percaya walaupun minim orang, masih tersedia kader yang mampu sebagai penerus, maka dengan ini kami menghimbau yang belum aktif agar siap terpanggil, mau ikut melayani dengan sepenuh hati, ujar Hidajat.
Dia berharap kehadiran dan dukungan dari Romo Wilayah, romo Dwi Joko akan berhasil mengajak dan mendapatkan lebih banyak umat yang siap membangkitkan umat Wilayah I. Menutup obrolan, Hidajat menyatakan optimismenya, “Dalam kepengurusan DPP periode 2011-2014, seksi Katakese dijabat oleh Florentia Binarwati dan Seksi Sosial dipercayakan kepada Tony Sentosa. Keduanya merupakan sosok energik dan penuh dedikasi yang akan membuat umat Wila-yah I menjadi semakin berkembang” . (*)
Oleh : Andreas Supardja


0 Responses to “Melayani Dengan Sepenuh Hati”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: