16
Mar
12

Komunitas Tritunggal Mahakudus

Komunitas Tritunggal Mahakudus merupakan sekelompok umat yang bersama-sama ingin mencapai tujuan hidup kristiani dan berkembang secara maksimal. Tujuan hidup kristiani tersebut terdapat dalam Mrk. 12:30 “Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap hatimu dan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu, dan dengan segenap kekuatanmu.”
Demikian pernyataan yang disampaikan oleh Soe Lin, ketua Distrik I wilayah Surabaya, ketika ditemui Benedizione di Catholic Center Surabaya. Saat itu sedang diadakan persekutuan doa rutin yang sebagian besar anggotanya adalah kaum muda. Komunitas ini dibentuk pada 11 Januari 1987. Tujuan komunitas ini adalah membentuk anggota-anggotanya menjadi murid-murid Kristus yang sejati, yang mengenal Allah secara pribadi dan yang menjadikan Yesus pusat hidup mereka. Komunitas ini juga bertujuan membina para anggotanya supaya mereka memiliki semangat pelayanan yang sejati.
Diberi nama Komunitas Tritunggal Mahakudus (KTM) agar para anggotanya mampu untuk selalu mengenangkan misteri cinta agung antara Bapa, Putera dan Roh Kudus, serta berusaha menghayatinya. Dengan mottonya : “vivit dominus in cuius conspectu sto”, artinya: Allah hidup dan aku berdiri di hadiratNya.
Di Surabaya, kelompok kategorial KTM ini terbagi dalam 2 distrik, yaitu Wilayah I yang terdiri dari Paroki St Maria Tak Bercela, Vincentius a Paulo, Kelahiran St Perawan Maria, dan Marinus Yohanes. Sedangkan untuk distrik II meliputi : PHKY, Gembala Yang Baik, Sakramen Maha Kudus, Yohanes Pemandi, Yakobus, Algons, Paulus, Salib Suci, dan Roh Kudus. Komunitas ini juga dibentuk sebagai tindak lanjut dari para peserta yang pernah mengikuti camping rohani di Tumpang, sebagai wadah pembinaaan rohani lanjutan khususnya untuk para kaum muda.
Harapan ke depan semoga kehadiran komunitas ini semakin memberi warna baru dalam kegiatan rohani umat khususnya di kota Surabaya, sehingga umat pun semakin mampu menghayati kehadiran Allah dalam kehidupannya. (*)
Oleh : Agustina Sucihati


0 Responses to “Komunitas Tritunggal Mahakudus”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: