16
Mar
12

Belajar Kerahiman Ilahi dari Santa Faustina

Minggu, 26 Pebruari lalu, di Wisma Pasturan lantai 4, Paguyuban Devosi Kerahiman Ilahi (PDKI) PHKY menggelar rekoleksi dengan mengusung tema “Belajar dari Santa Faustina & Kerahiman Ilahi” yang dibawakan oleh Romo Eko Wiyono.
Yang dimaksud dengan devosi Kerahiman Ilahi adalah pengabdian total kepada Allah yang Maharahim, yaitu keputusan untuk percaya penuh kepadaNya, untuk menerima belas kasihNya dengan ucapan syukur dan untuk berbelas kasih kepada sesama, sebab Ia penuh belas kasih. Bentuk Devosi Kerahiman Ilahi ini didasarkan pada catatan Santa Faustina, seorang biarawati Polandia yang tak terpelajar namun dalam ketaatan penuh kepada pembimbing rohaninya ia menuliskan sebuah buku catatan harian mengenai penampakan penampakan Yesus yang dianugerahkan kepadanya mengenai Kerahiman Allah.
Pesan utama Kerahiman Ilahi ini adalah bahwa Allah mengasihi kita semua, tak peduli betapa berat dosa kita. Tuhan ingin kita tahu bahwa belas kasihNya jauh lebih besar daripada segala dosa kita. Tuhan mengundang kita untuk datang kepadaNya dengan penuh kepercayaan, menerima belas kasihNya dan membiarkan kasih itu mengalir melalui kita kepada sesama. Dengan begitu segenap umat manusia akan ikut ambil bagian dalam sukacitaNya.
Devosi Kerahiman Ilahi seperti yang dinyatakan Tuhan melalui Santa Faustina ini, dianugerahkan kepada kita sebagai sarana untuk berbelas kasih dengan mana kasih Allah dicurahkan atas dunia. Tidak cukup kita menggantungkan lukisan Kerahiman di rumah, berdoa kerahiman pada jam tiga siang, mendaraskan doa koronka setiap hari dan menerima komuni Kudus pada hari Minggu pertama sesudah Paskah. Kita pun juga di tuntut untuk mengamalkan belas kasih kepada sesama. Mengamalkan belas kasih dapat kita tunjukkan melalui perbuatan belas kasih, ucapan belas kasih dan doa.
Berdevosi kepada Kerahiman Ilahi dapat dipraktekan dengan Menghormati lukisan Kerahiman Ilahi, Mendaraskan doa koronka, merayakan hari Minggu Kerahiman Ilahi, Berdoa pada jam kerahiman dan menyebarluaskan Devosi Kerahiman Ilahi. (*)
Oleh : Theresia Margaretha


0 Responses to “Belajar Kerahiman Ilahi dari Santa Faustina”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: