16
Mar
12

Baksos Wilayah I Paroki HKY Surabaya

Sebagai makhluk sosial, kita tidak dapat hidup tanpa berinteraksi dan bantuan dari orang lain. Kita dituntut untuk saling membantu, memberi dan menerima serta menciptakan kehidupan sosial yang harmonis. Mungkin hal inilah yang mendorong pengurus beserta umat Wilayah I St. Yosef PHKY untuk mengadakan kegiatan bakti sosial (baksos) sebagai wujud kepedulian terhadap sesama manusia.
Dalam rangka merayakan Natal 2011, umat Wilayah I St. Yosef PHKY mengadakan kegiatan baksos di Unit Proyek Sosial Keluarga (PSK) Dharma Putra Swadaya di jalan Sidotopo Wetan Baru I A / 25, Kelurahan Sidotopo Wetan, Kecamatan Kenjeran, pada 10 Januari 2012 lalu.
“Baksos ini adalah salah satu bentuk perayaan Natal 2011 dari Wilayah I. Ini merupakan rangkaian kegiatan rutin tahunan di Wilayah kami,” kata Marliyanti koordinator Seksos Wilayah I.
“Selain baksos, St. Yosef juga punya kegitan lain seperti jalan sehat, rekoleksi dan kunjungan bagi orang sakit (khusus umat Wilayah I) bekerja sama dengan romo wilayah,” imbuh Marliyanti.
PSK Dharma Putra Swadaya merupakan salah satu unit sosial dari Yayasan Lembaga Karya Dharma (LKD) milik keuskupan Surabaya, yang menangani kegiatan kesejahteraan sosial untuk anak, keluarga dan masyarakat yang kurang mampu secara ekonomi. PSK Dharma Putra Swadaya menerima semua anggota masyarakat dari golongan, suku, agama manapun yang membutuhkan bantuan. Menurut ketua bimbingan unit PSK Dharma Putra Swadaya, jumlah anak yang terdaftar saat ini sebanyak 143 orang, dengan jenjang pendidikan yang berbeda-beda antara SD sampai SMA.
“Tujuan lain dari baksos ini adalah untuk kebersamaan umat Wilayah I,” terang Marliyanti. Dengan begitu, menurutnya, umat Wilayah I telah ikut mendukung terwujudnya Ardas yakni menjadi murid Kristus yang semakin guyub dan misioner.
Dana untuk baksos ini dikumpulkan dari umat Wilayah I. Bentuk kegiatan baksos kali ini berupa penyerahan sembako yang diterima langsung oleh Petrus Shigit selaku Direktur LKD. Sembako yang disumbangkan antara lain 500 kg beras, 150 kg gula, dan 66 liter minyak goreng.
Kunjungan ke PSK Dharma Putra Swadaya bukan pertama kali, sebelumnya Wilayah I pernah berkunjung ke tempat yang sama dengan membawa bantuan berupa mesin jahit dan merenovasi lantai ruangan yang rusak. (*)
Oleh : Fransiscus Anggu


0 Responses to “Baksos Wilayah I Paroki HKY Surabaya”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: