15
Mar
12

Warung Broto Rekoleksi ke Bali

Sore itu 1 Mei 2011, sekitar pukul 14.00 di depan Wisma Keuskupan terlihat ada dua armada bis besar yang siap berangkat menuju Bali untuk menghantar rombongan ibu-ibu pengurus Warung Broto PHKY Surabaya. Terlihat wajah penuh kegembiraan dari para ibu yang sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk dibawa menuju tempat tujuan Bali.
Tepat pukul 15.00 rombongan berangkat dan tiba di pantai Sanur keesokan harinya pukul 05.00. Selanjutnya rombongan melanjutkan perjalanan ke tempat rekoleksi di Rumah Retret Kalwat Jaya yang dikelola oleh romo Yandi, Cdd.
Rekoleksi dimulai pukul 16.00 oleh romo Yandi, dengan mengambil tema “Ciptaan yang menyakitkan dan ciptaan yang menyembuhkan” (I Yohanes 4 :18) Di dalam kasih tidak ada ketakutan. Kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan, sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih.
Tema tentang “Kasih” sengaja diambil mengingat pelayanan para pengurus Warung Broto ini tidak bisa dilepaskan dari berbagai masalah yang muncul karena yang menjadi subyek pelayanannya adalah orang-orang yang memang selalu bergumul dengan berbagai masalah hidup terutama berkaitan dengan materi.
Sebelum masuk ke tema utama romo Yandi mengajak peserta untuk sharing mengenai visi dan misi Warung Broto. Pada kesempatan itu ju-ga hadir Neck Inkiriwang sebagai Ketua DPP bidang III yang membawahi kinerja Warung Broto PHKY.
Seperti sudah banyak kita ketahui, Warung Broto adalah sebuah karya sosial yang didirikan oleh romo Rekso Subroto, CM yang bertujuan untuk memberi kan pelayanan bagi kaum marginal di sekitar gereja. Selain menyediakan makanan murah, Warung Broto juga memiliki nilai edukatif yaitu menabung .
Pada rekoleksi tersebut romo Yandi memberikan beberapa catatan penting sebagai bahan refleksi. Pertama, pelayanan yang sempurna selalu berlandaskan kasih. Di dalam kasih kita dibebaskan dari segala ketakutan. Apabila segala yang kita lakukan didasari cinta maka buahnya adalah kebahagiaan orang lain.
Kedua, salah satu kunci sukses menjalin kerjasama dengan orang lain adalah belajar terus menerus untuk berpikir positif. Jangan terlalu gampang menghakimi orang lain bila tidak sesuai dengan kehendak kita. Dalam pelayanan tidak jarang kita merasa sakit hati dan hendaknya hal seperti itu jangan membuat kita putus asa untuk tidak mau melayani lagi, bukankah Yesus juga mengalami hal yang sama dikecewakan oleh murid-muridNya ketika Dia menderita sengsara dalam jalan salib?
Ketiga, sabda Tuhan dalam Matius 11:28 ”Datanglah kepadaKu, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.” Hendaknya sabda ini menjadi satu penghiburan kalau kita merasa kecewa karena pelayanan kita yang tidak dihargai oleh orang lain.
Session I berakhir pukul 18.00 dan dilanjutkan dengan misa kudus yang dipersembahkan oleh romo Yandi, Cdd. Misa ini juga diikuti umat di sekitar Rumah Retret.
Meski terkesan sangat singkat, rekoleksi ini mampu memberi penyegaran rohani kepada para pengurus untuk tetap ber semangat dalam melayani tanpa pamrih.
Esok paginya kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi tempat wisata dan tempat oleh-oleh dan aksesoris terkenal di Bali.
Pada hari ketiga, rombongan mampir ke toko Joger yang terkenal dengan kaos-kaos kreatif. Seluruh rangkaian tour diakhiri di tempat yang cukup sakral bagi umat Bali yaitu Tanah Lot. Rombongan tiba dengan selamat di Surabaya pada Rabu, 3 Mei pagi.
Setelah rekoleksi dan rekreasi bersama ini, pengurus Warung Broto tentu akan lebih bersemangat dalam pelayanan serta bersedia membagikan sukacita kepada mereka yang dilayani.
Oleh : Agustina Sucihati


0 Responses to “Warung Broto Rekoleksi ke Bali”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: