15
Mar
12

Team Ardas PHKY ; Pengawal Pelaksanaan Ardas

Untuk mengawal hasil Mupas (Musyawarah Pastoral) Keuskupan Surabaya. Paroki Hati Kudus Yesus Surabaya perlu membentuk sebuah Team yang disebut Team Ardas. Apakah yang dimaksud dengan Team Ardas itu serta apakah tugas tugasnya, berikut ini hasil wawancara Benedizione dengan Romo Eko Budi Susilo dan Danang Kiswandoko selaku koordinator dari Team Ardas.
Team Ardas adalah sebuah team yang dibentuk pada 7 Juli 2010 untuk menindaklanjuti hasil Musyawarah Pastoral Keuskupan Surabaya (yaitu Ardas) pada bulan November 2009 lalu, yang di dalamnya terkandung cita-cita bersama dan program serta nilai-nilai bersama yang harus dicapai. Atas tujuan itulah team Ardas dibentuk.
Sedangkan yang dimaksud dengan Ardas (Arah Dasar) Keuskupan Surabaya itu sendiri adalah panduan hidup menggereja yang diterima, dihayati dan diperjuangkan bersama oleh segenap umat Keuskupan Surabaya. Dengan adanya panduan ini, diharapkan kebersamaan dan gerak pastoral di Keuskupan Surabaya menjadi semakin bermakna dan memberikan kesegaran hidup, sehingga sabda Yesus, “Aku datang supaya mereka mempunyai hidup dan mempunyainya dalam segala kelimpahan” (Yoh 10:10) makin terwujud dalam kebersamaan hidup menggereja.
Selain itu Ardas merupakan peneguhan jati diri kita sebagai gereja sekaligus bahan refleksi bagi seluruh umat dalam menghayatinya. (Buku Ardas Keuskupan Surabaya 2010-2019, hal. 5)
Team yang dicetuskan pertama kali oleh romo Eko Budi Susilo ini mengemban tugas antara lain mengawal proses berjalannya Ardas Keuskupan Surabaya di Paroki HKY sampai 10 tahun mendatang yaitu sampai 2019 ; belajar bersama (dilakukan rutin setiap Rabu) lewat diskusi untuk memperdalam mengenai nilai-nilai dalam Ardas ; memberi pendampingan kepada DPP termasuk seksi-seksinya untuk bersama-sama melaksanakan jalannya kegiatan di paroki. Namun dari itu semua tugas utama sebenarnya adalah membantu romo paroki dalam rangka mengawal Ardas di PHKY.
Yang sudah dilakukan team selama ini adalah mengkomunikasikan Ardas kepada warga paroki baik itu melalui media komunikasi (spanduk, banner dan media paroki) ataupun juga sosialisasi di Wilayah dan pendampingan seksi-seksi dalam menyusun program kerja.
Memang tidak mudah untuk mensosialisasikan Ardas. Terbukti waktu diadakan sosialisasi di Wilayah, timbul sedikit kesulitan karena tidak semua umat atau peserta pernah mengikuti proses praMupas maka team lalu berusaha menjelaskannya dengan bahasa yang sederhana agar mudah dimengerti oleh umat.
Dalam tugas pendampingan terhadap seksi seksi pun juga ditemui sedikit kesulitan. Yaitu sulitnya mengubah kebiasaan yang sudah lama berjalan. Kebanyakan dari seksi-seksi itu membuat program kerja dengan menggunakan sistem proposal yang lama.
Sedangkan di intern team itu sendiri juga sering ditemui kendala di antaranya sulitnya mencari kalimat yang sederhana agar semua mudah memahami. Solusi yang telah dilakukannya selama ini adalah dengan terus-menerus mengadakan pertemuan supaya anggota team dapat lebih memahami Ardas dan jika diperlukan mengundang seorang narasumber.
Gerakan Ardas dalam tahun pertama (tahun 2010 yaitu Tahun Keluarga) lalu juga memberikan pengaruh yang positif dalam kehidupan menggereja di PHKY. Salah satunya menjadikan umat mengerti atau memahami “cita-cita bersama” selain itu juga meningkatkan mutu dan kedekatan di tengah para anggota keluarga.
Setiap umat sebenarnya dapat berpartisipasi dalam upaya perwujudan Ardas yaitu dengan mengembangkan tiga dimensi keterlibatan personal yang saling melengkapi yakni (1) mengenal dan memelihara semangat yang tepat, (2) mengembangkan pemahaman yang benar dan (3) meningkatkan daya kepeloporan dalam kebersamaan.
Kita semua berharap agar segenap umat semakin mengenal, mencintai dan melibatkan diri dalam gerakan bersama hidup menggereja sehingga “cita-cita bersama” Keuskupan Surabaya yakni “Gereja Keuskupan Surabaya adalah Persekutuan murid murid Kristus yang semakin dewasa dalam iman, guyub, penuh pelayanan dan misioner” ini dapat terwujud. (*)
Oleh : Rindang Respati

TEAM ARDAS PHKY

Penanggung jawab : Rm. Y. Eko Budisusilo Pr
Koordinator : FX. Danang Kiswandoko
Anggota :
Y. Sigit Mardiatmoko
Bambang Purwantoro
Stephanus Satrijo
Y. S. D. Natha Utama
Yohanes Hidayat Kusuma
Riyanto Indera Wdargo
Adam Santoso Salim
P. Prapto Wbowo
Bruno Hami Pahar


0 Responses to “Team Ardas PHKY ; Pengawal Pelaksanaan Ardas”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: