15
Mar
12

Saatnya Mengolah Sikap dan Batin

Masa Advent

Perjalanan tahun liturgi diawali dengan minggu Advent pertama. Advent merupakan saat di mana segenap umat Katolik diajak untuk mempersiapkan diri secara khusus menyambut kedatangan Tuhan Yesus. Apa makna Advent dan bagaimana kita memaknainya? Di Wisma Paroki HKY, Benedizione menjumpai RD A. Haryopranoto untuk berbagi tentang hal tersebut.
Advent berasal dari bahasa Latin yang berarti kedatangan. Masa Advent berlangsung selama empat minggu dan biasanya dimulai sekitar hari minggu terakhir di bulan November hingga hari minggu pertama di bulan Desember, yakni setelah tanggal 26 November hingga 3 Desember. Masa ini ditandai dengan kehadiran empat lilin dalam lingkaran Advent (koronka) yang dinyalakan secara bergantian setiap minggu hingga hari Natal tiba.
Tahapan menjelang Hari Raya Natal ini merupakan saat penting bagi umat untuk mengolah sikap dan batin. Pertama, untuk mengarahkan hati menantikan kedatangan Tuhan Yesus pada akhir jaman. Dalam masa penantian, umat diajak untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya, menantikan sesuatu yang akan dekat tetapi belum terwujud, yakni janji kedatangan Yesus untuk kedua kalinya.
“Tidak ada yang tahu kapan Ia akan datang. Saat ini, yang dapat dilakukan adalah menunggu dengan setia. Masa menunggu adalah masa penuh rahmat yang harus dijalani dengan sukacita dan penuh kerinduan karena kedatangan Tuhan untuk kedua kalinya bukan untuk mengadili tetapi untuk memberkati,” imbuh romo Haryo menjelaskan.
Kedua, untuk mempersiapkan hari kelahiran Tuhan Yesus yang kita rayakan pada hari Natal. Segenap umat diajak untuk menyongsong datangnya hari Natal dengan mengenangkan peristiwa yang dahulu, sesuatu yang telah lewat, yakni kedatangan Yesus menjadi manusia.
“Masa Advent merupakan gambaran penantian panjang pemuliaan manusia. Melalui kelahiranNya, manusia memperoleh hidup dan martabatnya diangkat masuk dalam ke-Allah-an Yesus,” tutur romo Haryo.
Setiap minggu dalam Advent memiliki tema khusus yang bertujuan untuk menghantarkan umat pada refleksi batin yang tepat. Harapannya, segenap umat dapat memaknai dan menghidupi masa Advent dengan sikap yang tepat dan pantas. Lantas, bagaimana sebaiknya kita memaknai Advent?
Bacaan Injil pada minggu Advent pertama berisi tentang nasihat Yesus untuk berhati-hati dan berjaga-jaga. Pada perumpamaan ini, kedatangan akhir jaman diumpamakan seperti kedatangan tuan rumah yang waktunya tidak diketahui oleh siapa pun sehingga hamba-hambanya harus selalu siap sedia menantikannya. Dalam menantikan kedatangan Yesus kedua kalinya pada akhir jaman, kita harus memiliki sikap dan disposisi batin seorang hamba.
Seorang hamba senantiasa berjaga-jaga dengan tekun dan setia, penuh kesabaran, penuh pengharapan, penuh sukacita, dan fokus terhadap tujuan. Tindakan berjaga-jaga merupakan kegiatan yang aktif dan dinamis karena memiliki unsur memperbaiki diri untuk menjadi lebih baik.
Advent kedua mengajak umat untuk menyadari diri sebagai anakNya yang telah dibaptis. Melalui pembaptisan, kita mengalami penyatuan dengan Allah dan menerima rahmat roh kudus. Hidup di dalam roh harus senantiasa dijiwai oleh semangat untuk memperbaiki diri atau bertobat.
Pada minggu Advent ketiga, umat diingatkan akan panggilan hidupnya sebagai bagian dari Gereja. Panggilan ini mengajak umat untuk terlibat (mengambil peran) dalam dinamika Gereja.
Berdoa dan memohon pertolongan Roh Kudus dalam setiap perjalanan kita sebagai anakNya adalah inti bacaan Injil minggu Advent keempat. Sebagai manusia yang sangat terbatas, kita dapat mengandalkan Roh Kudus untuk memberi kekuatan dan kemampuan dalam menerima kehendakNya, terlebih agar kita semakin layak dan pantas menyambut kedatangan Yesus.
Masa Advent akan segera datang, menghantarkan kita pada kedatangan Penyelamat Dunia. Saatnya untuk melakukan latihan rohani, mengolah sikap dan batin untuk mendekatkan diri kepada Tuhan. Mari kita sambut dengan penuh kerinduan dan sukacita. (*)
Oleh : M. Ch. Reza Kartika


0 Responses to “Saatnya Mengolah Sikap dan Batin”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: