15
Mar
12

PLUSS SWEET SEVENTEEN

Pada Jumat, 10 Juni 2011 di gereja HKY dipersembahkan misa Kudus oleh selebran Romo Y. Eko Budi Susilo, Pr. untuk merayakan ultah ke-17 paguyuban lanjut usia St Simeon (PLUSS) PHKY. Misa yang dimulai pukul 09.00 ini diikuti kurang lebih 400-an oma-opa dan baru berakhir pukul 10.15.
Dalam homilinya, romo Eko Budi mengucapkan selamat berulang tahun kepada oma-opa, yang disebutnya sebagai orang-orang TOP (tua ompong peyot). Romo memuji para lansia ini, karena di usianya yang sudah lanjut, mereka masih berkarya, masih berorganisasi dan masih melayani.
Bacaan Injil hari itu diambil dari Yoh. 21:15-19, di mana sampai tiga kali Yesus bertanya kepada Simon Petrus, “Simon, anak Yohanes, apakah engkau mengasihi Aku lebih daripada mereka ini?” Petrus menjawab “benar Tuhan, Engkau tahu bahwa aku mengasihi Engkau”. Kemudian jawab Yesus, “ikutlah Aku”.
Dalam konteks ini Romo Eko mau menjelaskan bahwa jawaban Petrus itu mengandung tiga konsekuensi bagi anggota PLUSS yaitu tanggung jawab mendidik dan menjaga anak cucu, agar mereka hidup rukun dan damai sejahtera, karena hidup baik merupakan pewartaan bagi orang-orang di sekitar kita.
Konsekuensi kedua adalah siap menderita demi iman. Artinya, pengalaman-pengalaman iman harus diwariskan kepada anak cucu. Jadi bukan hanya mewariskan harta kekayaan semata.
Konsekuensi ketiga adalah meninggalkan kepentingan-kepentingan pribadi, demi keselamatan dan kebahagiaan anak cucu dan juga sesama.
Setelah misa usai, acara dilanjutkan dengan ramah tamah di sisi timur Gereja sampai tengah hari.
Dalam sambutannya ketua PLUSS, Lanny Gunawan mengatakan bahwa ulang tahun kali ini disesuaikan dengan ARDAS Keuskupan Surabaya, dimana tahun 2011 merupakan Tahun Anak dan Katekese, sehingga dalam acara ini ditampilkan banyak atraksi dari anak-anak. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada para donatur dan mohon maaf atas kekurangan-kekurangan serta mohon saran dan kritik dari anggota, untuk kemajuan PLUSS di masa mendatang. Setelah itu acara dilanjutkan dengan santap siang bersama dan pembagian doorprize. (*)
Oleh : Bernard A Yus


0 Responses to “PLUSS SWEET SEVENTEEN”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: