15
Mar
12

Pelatihan Sablon di Paroki HKY

Krisis ekonomi yang melanda negeri ini berdampak dan dirasakan pula oleh Paroki HKY Surabaya. Yaitu dengan bertambahnya warga asuhan yang harus dibantu baik itu untuk biaya hidup maupun biaya sekolah. Akibatnya beban pengeluaran yang ditanggung oleh paroki semakin bertambah sedangkan sumber dana tidak ada penambahan yang signifikan. Selain itu sulitnya lapangan pekerjaan dan kurangnya ketrampilan dari warga asuh adalah juga salah satu penyebab ketergantungan warga asuh kepada paroki.
Untuk mengurangi ketergantungan tersebut, salah satu jalan yang dapat ditempuh adalah memberdayakan sumber daya warga asuhan yaitu dengan membekali mereka ketrampilan yang dapat meningkatkan kemampuannya untuk menambah penghasilan. Bertolak dari fakta tersebut maka Seksi Sosial Paroki HKY menggelar pelatihan Sablon di Rumah Pastoran, jalan Mojopaht 17 pada bulan Juli untuk gelombang pertama dan bulan September untuk gelombang kedua. Tujuannya agar peserta memiliki pengetahuan dan ketrampilan tentang sablon serta meningkatkan rasa percaya diri. Sasaran pelatihan adalah warga asuhan seksos yang mau berkembang dan juga aktifis paroki. Materi yang diberikan adalah cara menyablon di atas kertas, plastik dan kain.
Neck Inkiriwang, Ketua DPP 2 PHKY yang membawahi seksi sosial mengungkapkan bahwa lulusan pelatihan ini rencananya akan dibagi menjadi 3 kategori, yaitu ketrampilan untuk mereka berwiraswasta, seksos akan membantu dengan menyalurkannya ke perusahaan yang membutuhkan, dan gereja akan berupaya mendirikan usaha bersama yang dimodali oleh Seksos. Pelatihan-pelatihan semacam ini rencananya akan terus digulirkan. Untuk yang akan datang diadakan pelatihan baby sitter, perawatan orang jompo, las listrik dan karbit. Dengan pelatihan tersebut diharapkan ketrampilan yang telah diserap dapat dijadikan modal dan sumber penghidupan mereka.
Pelatihan-pelatihan semacam itu memang bagus diberikan kepada warga asuhan Seksos karena dapat membuat mereka belajar mandiri dan tidak tergantung pada pihak lain. (*)
Oleh : Theresia Margaretha


0 Responses to “Pelatihan Sablon di Paroki HKY”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: