15
Mar
12

Paskah Anak 2011 PHKY

Rangkaian kegiatan Paskah 2011 yang dicanangkan sebagai Tahun Anak dan Katekese di PHKY nampak sangat meriah dan ramai pada misa pukul 09.30. Keceriaan itu nampak dari banyaknya anak-anak yang datang mengikuti Misa Ekaristi bahkan banyak diantaranya tidak mendapat tempat duduk di dalam gereja.
Hampir separuh bangku gereja dipenuhi anak-anak kecil hingga remaja. Mereka disediakan bangku khusus agar belajar mandiri dan mau membaur dengan teman-teman seiman. Sedangkan untuk orangtua dapat mengambil tempat duduk di sisi kiri atau kanan dalam gereja sekalian mengawasi anak mereka .
Misa Paskah saat itu dipersembahkan oleh romo Antonius Padua Dwi Joko Pr, dan diiringi 4 anak dari TPK St Agnes Wilayah II sebagai pembuka jalan dalam perarakan. Karena memang misa saat itu sebagai perayaan Paskah bersama anak-anak, maka para petugasnya pun juga anak-anak, mulai dari lektor sampai pada petugas pembawa persembahan. Bahkan untuk petugas pendamping yang membantu mengatur tempat duduk adik-adik adalah Rekat dan Pikat dari Wilayah II.
Sebelum romo Dwi Joko, Pr. menyampaikan khotbah, ada 2 orang Rekat yang berdialog dengan menggunakan boneka di tangannya dan bertanya mengenai arti dan makna Paskah. Karena keduanya tidak menemukan jawabannya maka mereka bertanya kepada romo dan selanjutnya romo memberikan penjelasan mengenai arti Paskah. Menurut Perjanjian Lama Paskah berarti Tuhan melawat/mengunjungi sekaligus menyelamatkan umat Israel dari perbudakan di tanah Mesir. Sedangkan menurut Perjanjian Baru makna Paskah dipahami sebagai Kristus yang bangkit dari alam maut sekaligus sebagai tanda Kuasa Tuhan yang telah mengalahkan dosa. Dengan kebangkitan Yesus maka kita memperoleh hidup baru dalam kesucian hati.
Lomba dan Bingkisan Paskah
Setelah misa selesai, seperti tahun-tahun sebelumnya sudah disiapkan bingkisan Paskah. Bingkisan itu dibagikan kepada semua anak yang hadir.
Namun acara tidak selesai sampai di situ. Team BIAK PHKY menyiapkan dua lomba. Lomba tersebut adalah mencari telur Paskah untuk anak TK – kelas 2 SD dan lomba menghias telur untuk kelas 3-6 SD.
Lomba mencari telur dilaksanakan di halaman sekitar gereja dan lomba menghias telur di Wisma Pastoran lantai 4. Sagita dari TPK St. Agnes menjadi juara 1 lomba mencari telur.
Untuk lomba menghias telur, kreativitas peserta benar-benar diuji, mengingat penilaian team juri bukan pada hasil akhirnya saja tetapi juga pada proses pembuatannya.
Kreasi anak-anak memang unik. Ada telur yang beri baju warna-warni. Ada pula yang membuat kandang untuk telur yang sudah dihias. juara I lomba menghias telur adalah Marcella Tiara dari Wilayah II. Hadiah diserahkan oleh Frater Jose yang juga bertindak sebagai juri bersama dengan romo Eko Budi Susilo, Pr.
Demikianlah suasana Paskah anak-anak di PHKY. Dengan melihat keceriaan dan sukacita anak-anak itu, kiranya kita mendapat gambaran akan makna Paskah yaitu sukacita sejati sebagai murid Yesus karena telah memperoleh penebusan dari Yesus sebagaimana tertulis dalam Injil, “Sebaliknya, bersukacitalah, sesuai dengan bagian yang kamu dapat dalam penderitaan Kristus, supaya kamu juga boleh bergembira dan bersukacita pada waktu Ia menyatakan kemuliaan-Nya. (I Petrus 4:13) (*)
Oleh : Agustina Sucihati


0 Responses to “Paskah Anak 2011 PHKY”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: