15
Mar
12

Novena Hati Kudus Yesus

Dalam kalender liturgi Gereja Katolik, Hati Kudus Yesus dihormati secara khusus pada hari Jumat ketiga sesudah Pantekosta yaitu pada Hari Raya Hati Kudus Yesus. Motivasi utama berdevosi HKY (Hati Kudus Yesus ) adalah kehendak atau keinginan yang kuat untuk memberi silih cinta kasih Hati Kudus Yesus melalui tindakan penitensi dan rekonsiliasi. Berdevosi HKY adalah berbakti kepada cinta Yesus yang meluap terhadap manusia namun sayang cintaNya yang besar itu sering tak terbalas oleh manusia.
Selama bulan Juni Gereja mengajak umatnya untuk mengembangkan Devosi kepada HKY salah satunya melalui Novena HKY seperti yang telah diselenggarakan di Paroki HKY. Novena tersebut dimulai Rabu, 22 Juni dan berakhir Kamis, 30 Juni lalu sehari menjelang Hari Raya Hati Kudus Yesus.
Paroki yang berlindung dengan nama suci Hati Kudus Yesus ini, rencananya akan mengagendakan novena HKY setiap tahun dan telah berjalan selama 4 tahun sejak 2008 lalu. Melalui wawancara singkat, romo Eko Budi Susilo menyampaikan tujuan diadakannya novena ini yaitu agar umat lebih mengenal spiritualitas Hati Kudus Yesus yaitu Hati Yesus yang sabar dan mahabelas kasih, Hati Yesus yang murah hati, Hati Yesus yang taat sampai mati serta masih banyak lagi.
Adapun tema tema novena HKY tahun ini adalah 1. Hati yang terbuka terhadap kehendak Allah. Kehendak Allah senantiasa mengarah ke hal yang baik meski mungkin kurang menyenangkan hati manusia. Oleh sebab itu tidak selalu disambut baik karena manusia masih terbiasa dengan pola pikirnya sendiri.
2. Hati yang penuh perhatian dan pengertian. Perhatian dan pengertian sangat dibutuhkan dalam membangun suatu relasi. Meski terkadang dibutuhkan suatu pengorbanan.
3. Hati yang berkobar menebar kasih Allah. Setiap orang yang dipilih Allah mengemban tugas mewartakan kasih Allah. Umumnya mereka dikenal gigih hingga tidak lagi memikirkan kepentingan sendiri. Hidupnya diabdikan pada Allah.
4. Hati yang bahagia berserah diri kepada Allah. Sadar akan kekurangan maka terciptalah ruang bagi Allah sehingga dalam perjalanan hidup menyerahkan diri dibimbing oleh Allah.
5. Hati yang penuh syukur atas kemurahan Allah. Allah yang murah hati. pemberi dan penebus inilah yang dijadikan dasar tindakan untuk bersyukur sekaligus menjadi dasar hidup.
6. Hati yang setia tabah penuh harapan. Seperti Abrahan yang telah menunjukkan sikap setia dan menerima keputusan Tuhan meski mungkin yang terjadi tidak seperti yang diharapkan.
7. Hati yang penuh percaya pada kehendak Allah. Percaya pada Allah merupakan keutamaan murid Kristus. Percaya Tuhan akan menyertai dan menyelesaikan persoalan hidup kita.
8. Hati yang gembira menikmati karunia Allah. Kita orang Katolik dituntut pengakuan berdasarkan iman yang hidup bahwa Yesus adalah Tuhan. Dampak dari pengakuan akan mendatangkan rahmat kegembiraan bagi kita dan siapa pun yang kita jumpai.
9. Hati yang iklas menolong dan mengampuni. Buah kepercayaan adalah kesembuhan dan pengampunan. Kesembuhan sebagai rahmat kita ekspresikan dengan peran kita menegakkan pilar-pilar gereja yaitu koinonia, liturgia, kerygma, diakonia dan martiria. Dengan keterlibatan itu maka menolong dan mengampuni bukanlah hal yang sulit lagi.
Oleh : Theresia Margaretha


0 Responses to “Novena Hati Kudus Yesus”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: