15
Mar
12

Menjadikan Hidup Lebih Berarti

Profil Petrus Wiratmoko Hadi Eko Cahyo

Kesetiaannya dalam mengikuti misa harian memudahkan Benedizione untuk menemuinya. Petrus Wiratmoko Hadi Eko Cahyo demikian nama lengkap pria kelahiran Manado 46 tahun yang lalu.
Mengawali pelayanan sebagai AI (Asisten Imam) pada tahun 1997. Ia pun mengaku meski motif awal pelayanannya karena permintaan sang ibu namun sekarang ia sudah bisa merasakan manfaatnya bahwa dengan melayani ia merasa hidupnya bisa berarti bagi sesama. Sebagai AI, tugas rutin setiap minggu yang ia lakoni selain tentunya membantu romo membagikan komuni di gereja, ia pun juga mengirim komuni ke rumah rumah untuk orang sakit dan para lansia yang tidak bisa pergi ke gereja. Sesekali jika ada umat yang meninggal ia membantu memimpin ibadat untuk penutupan peti atau pada waktu pemakaman.
Berbekal dengan pengalaman tersebut ia pun lantas mulai terlibat aktif di kepengurusan Wilayah sebagai seksi liturgi dan katekese Wilayah 5. Hingga akhirnya sekarang ia dipercaya sebagai sekretaris 2 DPP dan sekretaris BGKP PHKY untuk periode 2008-2011. Dengan pembawaannya yang serba kalem, mas Eko demikian ia akrab disapa, dengan senang hati berbagi pengalaman pelayanannya selama ini.
Mengaku mendapat penugasan secara langsung dari romo Eko Budi tak lantas membuatnya menjadi tinggi hati. Justru dengan tekun ia melaksanakan tugas tugasnnya yaitu antara lain membuat undangan, mengorganisir rapat dan membuat notulennya, serta mendokumentasikan arsip dan tugas-tugas rutin lain sebagai sekretaris. Namun tugas utama sebenarnya adalah membantu tugas sekretaris 1 dan mewakilinya jika ia berhalangan. Ia mempertanggung jawabkan tugasnya itu masing-masing kepada ketua DPP dan ketua BGKP.
Pria yang mempunyai moto “berani karena benar” namun juga berusaha untuk selalu bersikap rendah hati ini menceritakan dalam menjalankan tugas pelayanannya selama ini ia tidak pernah membuat program kerja karena ia beranggapan bahwa tugas sekretaris adalah tugas tugas yang rutin dan tidak ada sesuatu yang baru. Selama menjalankan tugas pun hampir tidak ada kendala berarti yang ia temui. Dukungan penuh dari keluarga terutama dari sang ibu sangat berarti baginya. Terlebih jika kejenuhan mulai menerpa ia pun lantas ingat keinginan sang ibu agar ia terus melayani dan itu membuat semangatnya pulih kembali.
Pria yang sehari-hari berprofesi sebagai PNS Dinas Pariwisata Sidoarjo ini mengaku banyak pengalaman berkesan yang ia dapat selama pelayanan. Selain wawasan, kenalan dan ketrampilan yang bertambah ia pun merasa senang jika orang yang ia layani puas dengan pelayanannya.
Ketika disinggung mengenai statusnya, pria yang hingga sekarang masih betah melajang ini mengungkapkan bahwa ini adalah pilihan hidupnya. Sempat terlintas dulu dalam benaknya untuk menjadi rohaniwan namun seiring berjalannya waktu ia pun menyadari bahwa itu bukanlah satu-satunya jalan untuk dapat melayani Tuhan dengan segenap hati. Dan justru dengan terjun di masyarakatlah ia bisa berperan langsung sebagai pelita dengan menjadi garam dan terang dunia.
Pria yang juga gemar melakoni mati raga dengan berpantang dan berpuasa ini mengungkapkan bahwa banyak sekali manfaat yang bisa dipetik dari kebiasaannya itu. Yaitu selain dapat membantu menjadikan tubuhnya lebih sehat, ia juga merasa lebih sabar dalam menghadapi segala sesuatu serta lebih dapat mengendalikan diri. Selain terlibat urusan kerohanian ia pun aktif di organisasi kemasyarakatan. Antara lain di FORMI (Federasi Olah Raga Rekreasi Masyarakat Indonesia) Sidoarjo sebagai sekretaris. Dan organsasi “Seni daerah Tradisional”, bersama timnya ia sering mengikuti festival kesenian di berbagai daerah di Jawa Timur. Di kedua organisasi tersebut itulah ia mengaku bisa menyalurkan hobinya berolah raga dan berkesenian.
Di akhir wawancara, pria yang gemar mendengarkan lagu-lagu keroncong ini menitipkan pesan bagi pembaca Benedizione agar umat ikut tanggap terhadap urusan gereja salah satunya dengan terlibat aktif dalam pelayanan. (*)
Oleh : Theresia Margaretha


0 Responses to “Menjadikan Hidup Lebih Berarti”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: