15
Mar
12

Menantikan Kedatangan Tuhan yang Kedua

Masa Advent dibagi dalam empat minggu. Minggu pertama dan kedua yakni menantikan kedatangan Tuhan pada akhir jaman. Sedangkan minggu ketiga dan keempat digunakan untuk mempersiapkan Natal. Apa itu akhir jaman? “Akhir jaman bukan soal nanti, tapi sekarang. Oleh karena itu umat Katolik tidak usah sibuk dengan waktu kapan akhir jaman itu datang. Yang perlu dilakukan umat Katolik adalah bersikap aktif untuk menyambut kedatangan Tuhan. Misalnya melalui sikap hidup bijaksana, berjaga-jaga, siap sedia, mendekatkan diri kepada Tuhan, berbuat baik kepada orang lain, berdoa, serta semangat cinta kasih,” ujar romo Eko Wiyono di awal perbincangan dengan Benedizione.
“Konsep tentang akhir jaman itu erat hubungannya dengan konsep pembaharuan diri,” ujar romo Eko Wiyono mempertegas penjelasan sebelumnya. Akhir jaman tidak ada yang tahu pasti dan hanya terjadi sekali saja.
Romo Eko juga menjelaskan bahwa kematian itu bagi manusia perorangan adalah akhir hidup di dunia ini. Akan tetapi seluruh dunia pun akan mati. Ini yang disebut akhir jaman. Sebagaimana manusia perorangan baru mencapai tujuan hidupnya dalam pertemuan dengan Allah, begitu juga dunia. Lihat yang dilukiskan St Paulus dalam Roma 8:19-26.
Kata “mengeluh” muncul sangat mencolok dalam perikop ini. Dikatakan bahwa mahkluk mengeluh, kita mengeluh dan Roh Kudus pun “berdoa dengan keluhan yang tidak terucapkan”. Keluhan di sini bisa diartikan dengan “penantian” dan “pengharapan”.
Dari satu pihak kita sadar bahwa dunia ini fana dan bersifat sementara, tetapi dari pihak lain kita mengetahui juga bahwa hidup ini mengarah ke hidup yang sejati, yakni “pengangkatan sebagai anak”, sebab hidup yang sejati adalah “mengenal satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah diutusNya” (Yohanes 17:3).
Yang akan masuk ke dalam dunia Allah bukan hanya kita, melainkan seluruh ciptaan. Orang beriman sudah diselamatkan, “telah menerima karunia sulung Roh”, namun semua sama-sama mengeluh dan menantikan. Sebab kita memang diselamatkan, tetapi baru dalam pengharapan. “Sekarang kita sudah anak-anak Allah, tetapi belum nyata apa keadaan kita kelak; akan tetapi kita mengetahui bahwa apabila Kristus menyatakan diri, kita akan menjadi sama seperti Dia” (1Yohanes 3:2). Maka dilihat dari sudut dunia, pertemuan penuh dengan Allah ini disebut akhir jaman.
Di dunia ini hidup kita masih dalam perjuangan panjang. Berjuang untuk tetap setia berada di jalur menuju ke jalan Tuhan. Tuhan itu tujuan sejarah hidup manusia, titik sasaran segala dambaan sejarah dan kebudayaan manusia. Kita yang dihidupkan dan dihimpun dalam rohNya, berziarah menuju pemenuhan sejarah manusia (GS 45).
Maka yang paling penting dalam hidup sekarang ialah mencari keterarahan kepada Tuhan. Pada akhir Kitab Suci dikatakan “Akulah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir” (Wahyu 22:13).
Kerajaan Kristus dan Kerajaan Allah bukanlah hasil evolusi atau perkembangan dunia. Kerajaan Allah janganlah dilihat sebagai puncak perkembangan dunia. Seperti halnya kebangkitan adalah karya Allah, dan dengan sewajarnya disebut “ciptaan baru” (2 Korintus 5:17), begitu juga dengan akhir jaman.
Yohanes menyebut bukan hanya “bumi yang baru”, tetapi juga “surga yang baru” (Wahyu 21:1). Dunia baru bukanlah pertama-tama pembaharuan dunia, melainkan pertemuan seluruh ciptaan dengan Tuhan. Apa yang terjadi dengan manusia dalam kebangkitan, akan menjadi kenyataan dalam seluruh ciptaan. Tuhan akan menyatakan kemuliaanNya dalam makhluk-makhlukNya.
Pertemuan dengan Tuhan adalah pertemuan dalam cinta kasih. Maka tidak mungkin menuju Kerajaan Allah kalau tidak dikembangkan lebih dahulu semangat cinta kasih, yang diwujudnyatakan dalam pelayanan.
Maka, arti masa Advent di jaman sekarang adalah perjuangan panjang untuk menghadirkan Allah dalam hidup harian kita sekaligus penantian akan kehadiranNya yang kedua. (*)
Oleh : Fransiskus Anggu


0 Responses to “Menantikan Kedatangan Tuhan yang Kedua”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: