15
Mar
12

Lilin Buatan PHKY

Sudah satu tahun ini PHKY memproduksi lilin sendiri. Demi alasan mempunyai lilin dengan kualitas yang lebih baik, usaha mandiri itu dibentuk. Siang itu Benedizione berhasil mewawancarai John Maheli selaku ketua BGKP dan Petrus Chandra sebagai pelaksana pembuatan lilin.
Tepatnya September 2010 ide untuk membuat lilin sendiri itu muncul. Disebabkan oleh kebiasaan gereja yang sering membeli lilin dalam jumlah cukup banyak maka timbul pemikiran kenapa tidak mencoba untuk memproduksi lilin sendiri. Mungkin kalau membuat sendiri hasilnya akan lebih baik selain lebih menguntungkan, mutu lilin juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan.
Usaha mandiri gereja ini di bawah pengawasan BGKP masuk dalam Sub Seksi Usaha. Mempekerjakan 2 orang pegawai, unit usaha lilin tersebut mengambil lokasi di jalan Mojopahit 17. Dengan investasi kurang lebih Rp. 7,5 juta yang dipergunakan untuk membeli mesin cetakan dan lain lain. Satu hari mampu memproduksi sekitar 1250 lilin
Saat ini usaha tersebut sudah bisa memenuhi kebutuhan lilin gereja, selain untuk doa sehari-hari juga untuk misa Natal dan Paskah. Bahkan kebutuhan lilin untuk misa Natal tahun lalu pun sudah bisa tercukupi. Dengan kualitas yang lebih bagus, tidak banyak lagi lilin yang meleleh atau tercecer ke lantai, sehingga lebih mudah dalam membersihkannya.
Dulu setelah misa Natal atau Paskah, Sie Pemeliharaan selalu mengerahkan tenaga 30 orang untuk membersihkan lantai namun sekarang tidak lagi. Keuntungan lain, afalan lilin yang ada bisa dipergunakan kembali.
Misa Natal tahun ini rencananya PHKY akan memakai 10 ribu lilin gelas yang ditempel stiker “Cita-cita Bersama Keuskupan Surabaya” yaitu Gereja Keuskupan Surabaya adalah persekutuan murid murid Kristus yang semakin dewasa dalam iman, guyup, penuh pelayanan dan misioner. “Sekalian ikut serta dalam mensosialisasikan Ardas Keuskupan Surabaya,” ujar John Maheli.
Untuk jangka panjang ada rencana untuk memasarkan produk ini keluar. Saat ini sudah ada dua paroki yang tertarik dengan lilin Natal PHKY. Rencananya lilin produksi PHKY ini juga akan ditawarkan ke pengelola tempat ziarah gua Maria di Keuskupan Surabaya. (*)
Oleh :Theresia Margaretha


0 Responses to “Lilin Buatan PHKY”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: