15
Mar
12

Liburan Ceria BIAK PHKY

Pagi itu, Selasa 28 Juni, hall sisi timur gereja HKY dipenuhi sejumlah anak-anak yang kompak memakai baju dengan nuansa warna biru. Nampak pula para kakak Pembina BIAK dan dibantu oleh remaja Katolik (Rekat) sedang sibuk mempersiapkan suatu acara. Di pintu masuk hall terlihat balon dan gambar besar Yesus. Sementara itu di sisi selatan tembok hall ada dekorasi bertuliskan “Ikut Yesus, Siapa Takut?!”. Itulah sekilas gambaran suasana acara Liburan Ceria 2011 PHKY yang diikuti 120-an anak dari berbagai paroki di Surabaya.
Pagi itu Liburan Ceria resmi dibuka oleh romo Eko Budi Susilo, Pr sebagai Romo Paroki dengan pelepasan balon. Dalam pengantarnya Romo Eko Budi Susilo menyampaikan bahwa menjadi pengikut Yesus tidak perlu takut untuk berbuat benar di tengah masyarakat.
Sesuai tema yang diangkat, anak-anak diajak mendalami nilai-nilai injil melalui serangkaian kegiatan khas anak-anak yang menarik dan atraktif selama tiga hari mulai tanggal 28-30 Juni 2011.
Melalui kegiatan ini anak-anak dapat belajar banyak dari para suster dan frater yang sudah lebih dulu menempa diri untuk memiliki kualitas hidup yang baik. Transfer tindakan dan teladan baik ini akan lebih efektif dalam menumbuhkan dan menanamkan sikap hidup yang baik.
Para peserta dibagi dalam beberapa kelompok yang didampingi oleh suster dan frater. Mereka juga diminta membuat yel-yel kelompok untuk lebih menyemangati anggotanya dalam berkreativitas menjadi yang terbaik.
Kegiatan Liburan Ceria sudah menjadi program rutin dari seksi Biak PHKY khususnya untuk mengisi liburan sekolah. Dengan diikuti oleh anak SD kelas 2-6, acara ini selalu ditunggu oleh para orangtua. Mengisi liburan dengan kegiatan rohani yang bermanfaat bagi perkembangan iman tentu sangat disukai oleh para orangtua, apalagi jika itu dilakukan di gereja.
Pengalaman baru belajar dan bermain bersama dengan teman-teman sebaya akan menjadi kenangan yang indah bagi anak-anak ini. Apalagi di acara ini ada pula kegiatan outbound di sekitar gereja yang sangat ditunggu oleh anak-anak.
Kerinduan mereka pada acara-acara seperti ini nampak dari antusiasme mereka mengikuti tiap kegiatan yang disiapkan kakak pembina. Di tengah tawaran permainan-permainan modern (playstation, game online, dll.) yang cenderung individualis, kegiatan Liburan Ceria menawarkan jenis-jenis permainan yang mengajarkan anak akan pentingnya bekerja dalam kelompok (team work). Dari situ, anak-anak belajar untuk mengerti dan menghargai orang lain sesama anggota kelompok agar kelompok mereka memperoleh hasil yang baik.
Kegiatan ini terselenggara berkat kerjasama dari DPP HKY dan Seksi BIAK PHKY untuk terus-menerus menumbuhkan iman anak dengan mengenalkan kitab suci serta nilai-nilai yang ada di dalamnya. Di samping itu, kegiatan ini juga melatih anak-anak untuk hidup dalam persekutuan dengan saudara seiman dan bekerjasama untuk menghayati hidup dengan lebih baik.
Sebagai acara rutin tahunan, kegiatan ini juga wajib didukung oleh orangtua dan segenap umat. Dukungan dapat berupa keterlibatan dan keikutsertaan dalam kegiatan ini baik sebagai panitia maupun peserta.
Jika ingin melihat masa depan gereja yang cerah, tengoklah wajah anak-anak ini dan ijinkan mereka bermain dan belajar dengan ceria. (*)
Oleh : Agustina Sucihati


0 Responses to “Liburan Ceria BIAK PHKY”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: