15
Mar
12

Kursus Pendamping Katekese Untuk Umat

Mengisi tahun Anak dan Katekese ini, Sie Katekese PHKY menggelar kursus “Pendamping Katekese Umat”. Kursus yang diselenggarakan dalam rangka pelaksanaan Ardas (Arah Dasar) Keuskupan Surabaya ini dibuka oleh romo Eko Budi Susilo pada 27 April lalu di balai Paroki.
Romo menyampaikan, meski biaya kursus ini gratis namun bukan berarti peserta kursus boleh seenaknya. Mereka harus menyadari uang yang telah dipakai untuk penyelenggaraan kursus ini adalah uang umat maka selayaknyalah jika mereka memiliki tanggung jawab mengikuti kursus ini dengan sebaik baiknya.
Melalui wawancara singkat dengan Asisia Pastirahayu, ketua paitia sekaligus ketua Sie Katekese PHKY ini mengungkapkan latar belakang perlu diadakannya kursus ini yaitu untuk menambah jumlah tenaga katekese yang berkualitas (yang meliputi ketulusan pelayanan, kesadaran, pengorbanan), terlatih dan berpengalaman.
Tujuannya agar umat memiliki pengetahuan dasar berkatekese, umat semakin beriman mendalam sebagai pribadi yang matang dalam merasul, terampil menyampakan bahan katekese serta dapat mengungkapkan imannya melalui kesaksian hidup sehari-hari sesuai dengan nilai-nilai injil. Setelah lulus rencananya semua peserta akan direkrut menjadi tim katekese paroki untuk ditempatkan di lingkungan masing-masing. Dan diharapkan mereka dapat terlibat aktif dalam karya pewartaan serta untuk regenerasi pemandu di tingkat lingkungan.
Adapun sasaran peserta kursus adalah pemandu pendalaman Kitab Suci di lingkungan, para Ketua Lingkungan, Asisten Imam dan Aktifis gereja.
Materi yang diberikan meliputi aspek spiritualitas, pengajarnya romo Dicky Rukmanto,Pr, aspek pengetahuan, pengajarnya romo Karnan Ardjanto, Pr, romo FX Didik Bagyowinadi,Pr, dan romo Robertus Wijanarko,CM, serta aspek ketrampilan, pengajarnya romo I.J. Sumarno,Pr.
Metode kursus yang diberikan berupa ceramah, curah-pendapat, refleksi dan games. Tahap pelaksanaan ditetapkan selama 9 bulan, untuk masing-masing tingkat memakan waktu 3 bulan yaitu untuk kursus tingkat dasar, lanjutan dan terampil. Waktu kursus satu minggu sekali, mulai 28 April.
Seperti yang kita ketahui, semua orang Katolik tanpa terkecuali mendapat tugas perutusan yaitu mewartakan Kerajaan Allah. Untuk dapat melaksanakan tugas tersebut alangkah baiknya jika kita dapat lebih mendalami iman kita salah satunya dengan mengikuti kursus ini.
Manfaatnya selain dapat menambah ilmu dan penghayatan iman, kita pun akhirnya dapat ikut serta menyelamatkan jiwa. Karena setelah dibaptis otomatis kita mewarisi 3 tugas Kristus yaitu menjadi imam untuk menguduskan, menjadi nabi untuk mengajar dan menjadi raja untuk melayani. Gelar-gelar tersebut yaitu imam, nabi dan raja harus kita ketahui dan kita laksanakan. Dengan dibaptis berarti kita telah dipilih dan diutus. Bukan lagi lantas kita menjadi orang Katolik yang pasif namun menjadi orang Katolik yang peduli dan tanggap terhadap perkembangan gereja. (*)
Oleh : Theresia Margaretha


0 Responses to “Kursus Pendamping Katekese Untuk Umat”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: