15
Mar
12

Buka Puasa Bersama Ibu Sinta Wahid

Untuk ketiga kalinya Paroki HKY bekerjasama dengan Seksi Sosial HKY dan Warung Broto telah berhasil mengadakan acara buka puasa bersama pada 23 Agustus 2011 lalu. Buka puasa bersama tahun ini diadakan di jalan Opak 9 Surabaya.
Buka puasa bersama tahun 2011 yang mengambil tema “Dengan berpuasa kita perjuangkan dan pertahankan keutuhan bangsa dan Negara” dihadiri oleh berbagai lapisan masyarakat, di antaranya ada penjual koran, tukang becak, pemulung, pengamen jalanan, beserta sejumlah pejabat yaitu Camat Tegalsari dan Wonokromo, Lurah Darmo dan Keputran, serta Kapolsek Tegalsari dan Wonokromo.
Ibu Sinta Nuriyah Wahid (mantan ibu negara, istri alm. Gus Dur) yang menjadi pembicara utama dalam buka puasa bersama ini banyak memberi dorongan semangat kepada peserta supaya tetap mengusahakan persatuan di dalam kemajemukan, dengan terus menjaga kerukunan, hidup sederhana, saling mengasihi serta setia menjalankan perintah agama. Melalui nasehatnya, “Apapun pekerjaan kita, asalkan halal pasti akan mendapat ridho dari Allah,” Ibu Sinta mengajak para peserta yang kebanyakan dari golongan kurang mampu untuk tidak mudah putus asa memperjuangkan kehidupan yang lebih baik. Suasana juga cukup guyub dengan wawancara langsung antara Ibu Sinta dengan beberapa peserta, di antaranya dengan seorang ibu yang bekerja sebagai pengayuh becak.
Romo Paroki HKY, Eko Budi Susilo, dalam sambutannya memuji semangat Ibu Sinta dalam mendukung dan menjaga kerukunan hidup bernegara di tanah air, dengan banyak melakukan kunjungan kepada umat beragama lain khususnya di bulan Ramadhan ini.
Acara buka bersama ini juga dimeriahkan oleh pembagian aneka hadiah dari Seksos HKY dan Warung Broto. Selain hadiah door prize, juga banyak dibagikan hadiah lain karena prestasi anggota.
Dari 150 anggota Warung Broto, beberapa di antaranya menerima penghargaan, yaitu berdasarkan frekuensi kehadiran terbanyak yang dimenangkan oleh Ibu Munik sebanyak 131 kali, saldo tabungan terbanyak yang dimenangkan oleh Bapak Yusuf Iskandar, dan frekuensi menabung terbanyak yang dimenangkan oleh Bapak Soeyono sebanyak 119 kali.
Dalam acara itu Maria Evy Herlinawati ketua Seksi Sosial (Seksos) PHKY menjelaskan berbagai kegiatan sosial yang dilakukan, di antaranya pendirian Warung Broto, pembagian paket-paket Natal di banyak panti asuhan, tunjangan pendidikan, serta aneka pelatihan kerja kepada umat.
Penanggungjawab Warung Broto, Ibu Imelda Christianti, menjelaskan lebih lanjut manfaat yang bisa diberikan kepada masyarakat dengan adanya Warung Broto ini. Selain menyediakan makanan murah untuk umat sekitar yang kurang mampu, Warung Broto juga mendidik anggota untuk membiasakan diri menabung. Dengan hanya membeli makanan yang dijual seharga Rp 1000 pembeli otomatis sudah menabung Rp 250.
Peran FKUB Surabaya
Andi Hariyadi, sekretaris FKUB (Forum Komunikasi Umat Beragama) menekankan pentingnya komunikasi antar umat beragama untuk menangkal berbagai isu yang hendak memecah belah kesatuan bangsa.
Ditemui di kantor Sekretariat FKUB di Jalan Menur Surabaya, Andi yang sehari-hari adalah guru SD Muhammadiah ini menjabarkan berbagai rencana kerja FKUB di bulan-bulan mendatang, di antaranya kunjungan ke Gereja dan Pura untuk mengadakan dialog dengan tokoh agama, seminar untuk mempererat ke-rukunan, bakti sosial, kunjugan kerja ke Malaysia untuk memperkenalkan kerukunan hidup beragama di Indonesia. (*)
Oleh : Joseph Haryanto


0 Responses to “Buka Puasa Bersama Ibu Sinta Wahid”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: