15
Mar
12

Anak SD Memimpin Doa Rosario

Oma Tontey (77) anggota pengurus Lingkungan St Aloysius Wilayah IV PHKY tidak pernah kekurangan ide. Dalam rangka menanggapi dan mengisi Tahun Anak dan Katekese, beliau mengumpulkan anak-anak di Lingkungan melalui orangtua masing-masing untuk dilibatkan dalam kegiatan Lingkungan. Mengandalkan semangat warga yang guyub rukun beliau berhasil menghimpun sejumlah anak-anak SD dan beberapa orang yang sekolahnya lebih tinggi dan langsung diberi tugas melaksanakan doa rosario bersama orangtua dalam bulan Maria. Kegiatan ini berlangsung pada Minggu 8 Mei di jalan Wonoayu 6 Surabaya.
Pembagian tugas dalam kelompok anak-anak itu adalah seorang memimpin doa, seorang membaca kutipan Injil, seorang membacakan renungan singkat, lima orang masing-masing mendaraskan 10 kali Salam Maria bersahutan dengan umat. Meskipun dengan gaya dan selera anak-anak, namun seluruh rangkaian doa rosario berlangsung khusuk dan santai. Teratur tanpa hambatan.
Kalau anak-anak saja sudah seterampil itu berdoa, maka dapat dipastikan bahwa di rumah mereka biasa ada acara-acara keluarga yang disertai doa. Paling sedikit mereka biasa berdoa rosario bersama. Usai doa rosario bersama itu, keluarga yang menerima giliran menyediakan tempat doa berikutnya juga minta supaya doa rosario di rumahnya dipimpin lagi oleh anak-anak itu.
Perayaan Natal di Lingkungan St Vincentius Wilayah IV tiap tahun ketuanya saling bergantian antara bapak-bapak dan ibu-ibu. Tahun lalu, panitia Natal ditangani oleh anak-anak, baik sambutannya, doa-doanya, atraksinya dan pelaksana-pelaksananya. Memang mereka masih didampingi beberapa orang aktivis Lingkungan. Anak-anak yang telah menunjukkan keberhasilannya terus dibina oleh ibu Ketua Lingkungan sehingga selama bulan Maria mereka tampil lagi dalam kegiatan doa rosario Lingkungan.
Lingkungan St Vincentius mengisi bulan Maria dengan 9 kali pertemuan katekese agar umat lebih mengenal Bunda Maria sebagai pewarta yang harus ditiru.
Rupanya om Tomtey dan ibu Vero sebagai Ketua Lingkungan cukup keli dan tanggap akan tema Ardas tahun ini sehingga mempedulikan anak-anak. Dari perilaku anak-anak dapat diketahui kebiasaan orang tua masing-masing. Anak-anak SD yang sudah dapat memimpin doa rosario bersama warga Lingkungan, pasti karena kebiasaan baik di rumah bersama orang tua. (*)
Oleh : AJ. Rahadi


0 Responses to “Anak SD Memimpin Doa Rosario”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: