14
Mar
12

Mempertahankan Perkawinan

Ytk. Rm. Haryo
Romo saya mempunyai seorang teman. Dia menikah dengan suami yang berbeda agama namun diberkati di gereja Katolik. Awal pernikahan semua berjalan dengan baik namun beberapa tahun terakhir ini suaminya berubah. Dia melarang anak-anaknya untuk dididik secara Katolik dan bahkan dia pun sudah mulai melarang istrinya pergi ke gereja dan berkegiatan rohani yang lain.
Teman saya itu sudah putus asa dengan penikahannya dan selalu berpikir untuk bercerai meskipun dia tahu itu tidak diperbolehkan. Menurut romo apa yang harus dia lakukan, kalau dia tidak bercerai dia takut akan mengorbankan imannya namun kalau bercerai dia sebenarnya juga masih mencintai suaminya dan kasihan kepada anak anaknya. Terima kasih untuk jawabannya romo.
Maria Sekar Wati – Paroki HKY

Sdri. Maria Sekar Wati yang terkasih.
Saya akan berusaha menjawab pertanyaan kamu perihal masalah temanmu itu.
1. Pernikahan Katolik itu pada prinsipnya keduanya (pria dan wanita) adalah Katolik dan diharapkan sekali untuk selamanya. Tetapi bila suatu pernikahan itu harus dilaksanakan dan salah satunya bukan Katolik maka tidak bisa begitu saja dilaksanakan. Harus ada semacam pemahaman kanonik atau persiapan kursus pernikahan juga diadakan penyelidikan terlebih dahulu dengan menghadirkan saksi-saksi baru pernikahan itu dapat dilaksanakan.
2. Tuhan menghendaki semua hidup pernikahan itu baik sesuai dengan kehendaknya namun kita tidak memungkiri bahwa dalam perjalanannya nanti timbul atau ada suatu kekuatan jahat yang sering menggangu kehidupan manusia terutama ketentraman dalam kehidupan pernikahan dan itu harus kita perangi sekuat tenaga, kita tidak boleh melarikan diri dari kenyataan. Juga kedua pihak (pria dan wanita) harus menepati janji pernikahan yang telah diucapkan dihadapan Tuhan dulu. Bila salah satu melanggar atau keluar dari rel harus dikembalikan ke posisi semula. Janji yang pernah diucapkan dulu bukan hanya sekedar janji atau kata kata namun harus diupayakan dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.
3. Pada prinsipnya sebuah pernikahan itu harus dipertahankan apapun yang terjadi. Janganlah putus asa, lihatlah dan nilailah buah-buah pernikahan yang baik bahwa di sana Tuhan berkarya dengan memberi berkat-berkat.
Bila ada masalah harus dikomunikasikan. Dalam masalah temanmu ini untuk sementara istri harus mengikuti perintah suami meski mungkin perintah itu salah (melarang ke gereja dan berkegiatan rohani yang lain) karena hal tersebut telah diperintahkan oleh Tuhan bahwa istri harus tunduk pada suami. Tapi sang istri juga tidak lupa tetap berdoa, menjalankan kewajibannya untuk beribadah.
Kemudian untuk solusi lebih lanjut cobalah dikonsultasikan kepada romo paroki.
Bacalah : Mat 19:1-12, Mark 10:1-12, Yoh 15:9-17, Ef 5: 2a, 21-33, 1 Kor 13:1-8

Ytk. Rm. Haryo
Pertanyaan saya singkat dan sederhana saja romo namun meski sederhana saya juga tidak mengerti. Saya sering mendengar mengenai Tritunggal dan Trinitas. Sebenarnya apakah yang dimaksud dengan Tritunggal dan Trinitas itu romo ? Terima kasih atas penjelasannya.
Dewi Asri – Paroki HKY
Sdri. Dewi Asri yang terkasih.
1. Tritunggal Maha Kudus mempunyai pengertian yang sama dengan Trinitas. Istilah Trinitas berasal dari bahasa latin.
2. Kita semua percaya akan Tuhan Allah yang Esa. Namun siapa Tuhan itu dalam diriNya kita tidak tahu apa-apa. Tapi dalam Alkitab kita mengenal Tuhan Allah yang Esa dengan tiga pribadi atau Tri Tunggal Maha Kudus. Yaitu Allah Bapa, Allah Putra dan Allah Roh Kudus. Allah Bapa adalah Pribadi Allah sendiri, Allah Putra adalah Tuhan Yesus yang telah diutus dan dimuliakan oleh Bapa. Sedangkan pribadi yang ketiga yaitu Roh Kudus adalah Roh Kebenaran, Roh Penghibur, Roh Kesetiaan yang memberi kekuatan kepada kita untuk menanggung salib kita di dunia. Seperti yang telah dijanjikan Yesus sebelum naik ke Surga bahwa Ia akan memberikan Roh Kudus kepada siapapun yang meminta.
3. Dan telah dirumuskan secara jelas oleh Bapa-bapa Gereja pada abad 1-3 yaitu yang disebut Syahadat Iman Para Rasul “Credo” (Aku Percaya).
Aku percaya akan satu Allah…….
Dan akan Yesus Kristus…………..
Aku percaya akan Roh Kudus…..
Bacalah: Mat 3:13-17, Mat 28:16-20


0 Responses to “Mempertahankan Perkawinan”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: