03
May
11

Paguyuban Lanjut Usia St. Simeon Paroki HKY

Lanjut usia (lansia) identik dengan umur panjang. Fisik yang sehat, umur panjang, punya keturunan, hidup berkelimpahan dan damai sejahtera adalah berkat-berkat Tuhan bagi orang yang setia kepadaNYA.“Umur panjang ada ditangan kananNYA, ditangan kiriNYA kekayaan dan kehormatan.” ( Ams 3:16 )

Paguyuban Lanjut Usia St Simeon (PLUSS) PHKY didirikan pada 05 Juni 1994, oleh romo Anton Tanalepie bersama Rahadi, dkk. Tujuan paguyuban ini antara lain adalah untuk menghimpun para lansia agar terus meningkatkan iman; berpartisipasi dalam hidup menggereja dengan semangat kasih; menumbuh kembangkan nilai-nilai Kristiani dan kebersamaan para lansia sesuai kemampuan yang masih dimiliki sebagai sumber daya manusia yang harus terus dipertahankan.

Anggota PLUSS adalah warga Paroki HKY, pria dan wanita, yang sudah berusia 55 tahun keatas. Menurut Lanie Gunawan, Ketua PLUSS, anggota PLUSS saat ini mencapai 450 orang. Organisatoris, PLUSS berdiri di bawah naungan paroki, pelindungnya Bapak Uskup Surabaya, dan pembinanya Romo Kepala Paroki atau Romo lain yang ditunjuk. Penasihat adalah awam, yang diangkat oleh pengurus pleno.

Kepengurusan PLUSS terdiri dari pengurus harian dan pengurus pleno. Pengurus harian terdiri dari ketua, sekretaris, bendahara, koordinator seksi dan pembantu umum. Sedangkan pengurus pleno terdiri dari pengurus harian dan koordinator di enam Wilayah. Masa bhakti pengurus adalah tiga tahun dan boleh dipilih kembali sampai dua periode. Sumber keuangan PLUSS diperoleh dari sumbangan sukarela anggota dan sumbangan yang tidak mengikat dari para donatur.

Kegiatan PLUSS meliputi kegiatan rutin (rapat pengurus sebulan dua kali; pertemuan anggota dan kunjungan sosial Wilayah-wilayah dua bulan sekali) dan kegiatan berkala (pendalaman kitab suci; rekoleksi; misa khusus untuk orangtua; ceramah kesehatan; olahraga dan pengobatan murah). Kegiatan lain misalnya kunjungan ke Panti Werdha Usia Undaan (29 Agustus 2010); wisata rohani, ke Pamekasan Madura (27 November 2010), dan menerbitkan bulletin “Varia Lansia” tiga bulan sekali serta kalender lansia.

Hendaknya kita semua terutama anak cucu mendukung dan mengapresiasi semua kegiatan para lansia agar mereka selalu hidup sehat bersemangat penuh sukacita, karena kebahagiaan orangtua adalah kehormatan bagi anak-anak.

Amsal 17:6 menegaskan bahwa “mahkota orangtua adalah anak cucu dan kehormatan anak-anak ialah nenek moyang mereka”. Sebaiknya kita semua terus mendoakan para lansia sambil merenungkan firman Tuhan dalam Mazmur 91:14-16 yang berbunyi: “sungguh, hatinya melekat kepadaKU, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal namaKU. Bila ia berseru kepadaKU, Aku akan menjawab, Aku akan menyertai dia dalam kesesakan, Aku akan meluputkannya dan memuliakannya. Dengan panjang umur akan Kukenyangkan dia, dan akan Kuperlihatkan kepadanya keselamatan dari padaKU.”

Semoga para Lansia tetap jaya dan senantiasa berada dalam lindungan Allah Bapa. (*)

Oleh : Bernard Yus


0 Responses to “Paguyuban Lanjut Usia St. Simeon Paroki HKY”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: