03
May
11

Misa Pembukaan Tahun Anak & Katekese

Misa yang memang dikhususkan untuk anak ini dipersembahkan oleh romo Eko Wiyono pada  Minggu, 30 Januari 2011 di PHKY. Misa diawali dengan perarakan tari-tarian dari BIAK (bina iman anak Katolik) yang menambah khidmat suasana. Seluruh petugas liturgi juga melibatkan anak-anak sebagai wujud keterlibatan dan peran serta anak dalam gereja. Dalam khotbahnya romo Eko Wiyono menegaskan bahwa perlunya mewartakan kabar gembira kepada anak-anak sebagai generasi masa depan  gereja.

Bacaan Injil dari Matius tentang Sabda Bahagia saat Yesus berkenan berkhotbah sambil duduk sama rendah dengan para pengikutNya menggambarkan sikap Yesus yang mau sejajar dengan orang-orang miskin dan tertindas sehingga semua orang mau datang pada Yesus.

Menurut romo Eko Wiyono, kata “berbahagialah” yang diulang sebanyak 8 kali menunjukkan bahwa kebahagiaan sejati tidak dapat diukur dengan kepemilikan materi atau harta duniawi melainkan hanya pada Allah saja dapat terpenuhi. Sedangkan dalam bacaan pertama digambarkan kaum Anawim yang miskin harta namun sepenuhnya mengandalkan hidupnya pada Allah. Demikian pun dalam proses pertumbuhan iman, hendaknya selalu mengandalkan kekuatan Allah.

Dalam khotbahnya romo Eko Wiyono mengingatkan kembali kepada anak-anak untuk rajin mengikuti sekolah Minggu, dan aktif di kegiatan gereja. Menjadi anak Tuhan hendaknya harus rajin, tidak malas dan tidak boleh takut. Sebagai orangtua kita disadarkan pada panggilan hidup kita untuk memperhatikan pendampingan iman kepada anak-anak kita.

Setelah misa selesai, anak-anak diajak mengikuti kegiatan yang telah dipersiapkan oleh para Pembina BIAK di Kevikepan Surabaya Selatan. Anak-anak dibagi dalam dua kelompok besar dengan kegiatan yang berbeda. Untuk kelompok besar mengikuti seminar tentang Sakramen Baptis. Sedangkan untuk kelompok kecil diajak untuk outdoor activity di sekitar gereja.

Suasana sangat meriah dan anak-anak mengikuti dengan sukacita dan saling bekerjasama meski diantara mereka ada yang belum kenal. Seluruh rangkaian kegiatan ditutup dengan makan bersama dan pembagian hadiah kepada kelompok yang berhasil mendapatkan nilai tertinggi. Tidak lupa sebelum pulang anak-anak juga mendapat hadiah souvenir berupa pin. (*)

Teks dan Foto oleh: Agustina Sucihati


0 Responses to “Misa Pembukaan Tahun Anak & Katekese”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: