03
May
11

Menjadi Katolik Karena Teladan Hidup

Pola beriman orang Yahudi adalah melihat tanda Yesus dan mereka akan percaya. Kekurangan mereka adalah walaupun Yesus telah atau sudah berulangkali melakukan tanda, mereka tidak percaya. Maka Yesus tidak akan membuat tanda selanjutnya kepada mereka.

Kita percaya sejak dulu, lewat iman kedua orang tua kita, baru kemudian kita percaya akan tanda-tanda Tuhan Yesus. Pada zaman ini, kebanyakan orang yang merasa tertarik menjadi Katolik, masih berhenti sejenak membutuhkan teladan hidup kaum beriman kepada Yesus, karena ada daya besar yang menggerakkan rasa keberimanan mereka bahwa mereka melihat Tuhan Yesus yang akan mereka imani di dalam diri para beriman kepadaNya yang sudah terlebih dahulu mengikuti jejakNya.

Konteks beriman seperti ini membangkitkan peluang kepada kita untuk menciptakan keadaan yang lapang untuk menghadirkan kembali keteladanan hidup beriman yang barangkali sudah hilang dan menjauh, untuk senantiasi mendiami rumah hati beriman kita, agar dapat memancarkan sinar kasih Tuhan kepada dunia dan para simpatisan yang hendak mengikuti Kristus, yang semakin menjadi magnet penarik para simpatisan Katolik untuk merapat dekat barisan para pengikut Tuhan di zaman ini.

Kita menciptakan lingkungan yang selalu menghadirkan kehadiran Tuhan. Dalam Mika, ditekankan ketiadaan tanda kehadiran Tuhan karena di lingkungan yang dihadapinya terjadi ketidakadilan, kekerasan, dan kesombongan. Ketiadaan tanda, sama artinya Tuhan tidak ada di sana.

Kita membangun keadilan, kedamaian, kerendahan hati mulai dalam rumah kita, keluarga kita, bersama karyawan-karyawati kita. Itu yang nyata membuat kita menghadirkan Tuhan di dalam seluruh hidup kita. (*)

Oleh : Rm. Benediktus Bere Mali, SVD

Arsiparis I dan Sekretaris II Provinsial SVD Jawa

———————————————————————————————–




0 Responses to “Menjadi Katolik Karena Teladan Hidup”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: