03
May
11

Mengasihi Melayani Merasul Bersama Kristus

Komunitas Keluarga Kudus (KKK)

Oleh keprihatinan karena begitu banyaknya hidup perkawinan dan keluarga-keluarga Kristiani yang terjerat masalah akibat modernisasi, materialisme dan hedonisme yang mengglobal, tiga pasutri yaitu Hanny-Irwansyah, Christine-Hanny dan Grace-Theo terketuk untuk mendirikan Komunitas Keluarga Kudus (KKK) yang mempunyai misi dalam pelayanan pastoral dan pendampingan keluarga.

Dasar pendirian KKK sesuai dengan prinsip pokok dokumen “Familiaris Consortio“, yang merupakan Anjuran Apostolik Bapa Suci Yohanes Paulus II yang membahas peranan keluarga Katolik dalam dunia modern, dengan berasaskan “Cinta Kasih Kristus dan Terang Sabda Allah serta spiritualitas, ketaatan, keutuhan dan pengabdian Keluarga Kudus dari Nazareth”

Sejak diresmikan pada 9 Juni 2000 oleh (alm.) Mgr. Johanes Hadiwikarta melalui Misa Syukur Jubileum dan Family Weekend di Jatijejer, KKK telah berkembang pesat di Keuskupan Surabaya dan keuskupan-keuskupan lain, dan bahkan sekarang telah terdaftar dalam Komisi Keluarga di KWI Jakarta.

Dengan motto komunitas yaitu “mengasihi, melayani, merasul bersama Kristus”, KKK aktif memberikan pelayanan pastoral dan pendampingan keluarga-keluarga pasutri dan kaum muda serta anak-anak yang bermasalah. KKK juga menyediakan diri membantu mendampingi pasutri-pasutri dan keluarga dalam mengantisipasi berbagai ancaman yang hendak menghancurkan dan merusak sendi-sendi kehidupan perkawinan dan keluarga Kristiani

Berbagai pelayanan pastoral yang dijalankan oleh KKK meliputi: mengadakan misa syukur bersama keluarga, pendalaman kitab suci dan ajaran-ajaran gereja (Magisterium), mengadakan seminar, rekoleksi dan retret bagi keluarga, lansia, pasutri, muda-mudi dan anak-anak,

Selain itu KKK juga aktif mengadakan sharing kelompok dan dialog interaktif, konseling, dan pendidikan moral bagi keluarga-keluarga untuk mencapai pemahaman dimensi sosial keluarga yang Kristiani. Tidak ketinggalan juga berbagai acara rekreasi yang mendukung misi komunitas seperti Family Weekend, ziarah rohani, dan berbagai karya sosial karitatif dengan melakukan kunjungan kepada yang bermasalah dan sakit.

Dalam pengabdian kepada Gereja, KKK juga turut serta dalam karya pengembangan, pembangunan dan pengelolaan yang digagas dan digalang oleh berbagai Tarekat dan Keuskupan, di antaranya: pembangunan Gereja, rumah retret, rumah devosi/Adorasi, obyek wisata rohani, dan berbagai fasilitas penunjang kegiatan rohani.

Dalam pelayanan pendampingan keluarga, KKK juga melayani permintaan keluarga-keluarga yang membutuhkan pendampingan khusus. Dan untuk kasus-kasus tertentu yang menyangkut masalah perkawinan maupun masalah keluarga yang khusus, KKK bekerjasama dengan Biro Konsultasi Pendampingan Keluarga yang kompeten bersama Dewan Tribunal yang dibentuk dan ditunjuk oleh Gereja lokal dan Keuskupan untuk menangani permasalahan seperti ini.

Bersama Pusat Spiritualitas (Puspita) dan Persekutuan Doa Maria Josef (PD Mari-Jo), KKK rutin menyelengarakan Vigili setiap Jumat Pertama hingga Sabtu Pertama setiap bulan. Vigili ini diprakarsai oleh AHFI (Alliance of The Holy Family International) Keuskupan Surabaya. AHFI merupakan suatu gerakan internasional di bawah pengawasan Komisi Kepausan untuk keluarga yang mengupayakan pengudusan keluarga. Misi AHFI selaras dengan misi KKK dalam membangun kembali, meneguhkan kekudusan keluarga, para imam, kaum muda dan media.

Sejak didirikan tahun 2000 hingga 2011 ini KKK semakin berkembang. Saat ini anggota aktif ada 26 pasutri dengan pasutri Jani-Soesanto sebagai Sekretaris Komunitas, dan yang menjabat sebagai romo moderator KKK saat ini adalah Romo Thoby Kraeng SVD di bawah wewenang Kantor Koordinasi Pastoral (KKP).

Sekretariat KKK terletak di jalan Kalibokor Selatan 130. Telepon 031-5027437 dan e-mail di kkk_sby@yahoo.com.

Umat yang ingin mengenal lebih dekat KKK dapat menghubungi beberapa pengurus KKK sebagai berikut Pasutri Jani-Soesanto (0811306840), Pasutri Hanny-Irwan (0818518646), Pasutri Yenny-Willem       (0816549595), dan Pasutri Chirstine-Anton (0811341157)(*)

Oleh: Joseph Haryanto / Pasutri Jani-Soesanto


0 Responses to “Mengasihi Melayani Merasul Bersama Kristus”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: