03
May
11

Konseling Iman

Ytk. Rm Haryo

Romo, saya seorang laki laki. Karena pengaruh lingkungan, saya ikut ikutan mentato tangan saya. Dulu kehidupan rohani saya kurang begitu baik jadi saya kurang mengerti mengenai iman dan kitab suci. Sekarang saya aktif melakukan pelayanan dan banyak belajar kitab suci. Saya pernah baca di Alkitab bahwa kita dilarang mentato badan. Apa yang harus saya lakukan romo mengingat tato di tangan saya ini tidak bisa dihilangkan karena sifatnya permanen. Saya kuatir tato saya ini menjadi batu sandungan orang lain mengingat letaknya yang mudah terlihat apalagi saya sekarang sudah aktif melayani. Terima kasih romo.

Stefanus Aria Budi – Paroki HKY Surabaya

Ytk. Rm Haryo

Romo pada waktu natal kemarin saya mengaku dosa. Romo yang sedang melayani pengakuan dosa itu kok kesannya terburu buru sekali. Pada waktu saya masuk kamar pengakuan dan sebelum menutup pintu, romo sudah mulai bicara dan membuat tanda salib. Dan setelah saya mengakukan dosa dosa, romo tidak memberi nasehat tetapi langsung memberi tahu dendanya. Jadi begitu saya keluar dari kamar pengakuan, saya tidak merasakan apa apa. Bahkan saya merasa dosa saya masih tetap ada. Biasanya setelah pengakuan selesai saya merasakan lega dan damai. Menurut romo apakah sebaiknya saya harus mengaku dosa lagi atau tidak, dan tentu saja bukan dengan romo yang tadi ? Terima kasih.   

Yohanes Putera – Paroki HKY Surabaya

 ————————————————–

 Jawaban

Sdr. Stefanus Aria Budi yang terkasih.

Gereja secara langsung tidak mempunyai statement apapun mengenai tato. Dulu tato memang dikenal sebagai tanda untuk orang kafir / orang jahat. Tetapi sekarang selain masih dipakai oleh preman preman (orang jahat) tato juga dipandang sebagai suatu karya seni jadi tergantung motivasi dari pemakainya. Dan bila saudara sudah terlanjur mempunyai tato, menurut  saya tidak perlu dipermasalahkan, yang penting sekarang adalah kesaksian hidup saudara sudah benar. Memang sudah seharusnyalah bila tubuh manusia itu diperlakukan dengan baik dan tidak untuk dirusak. Martabat manusia serta keindahannya juga harus terus dijaga sehingga tubuh dapat menjadi ekspresi kedalaman dan kecantikan suatu jiwa. Selain itu tato juga mempunyai sisi negative karena bisa mendatangkan suatu penyakit. Dan apabila saudara berniat untuk menghilangkannya  cobalah berkonsultasi pada dokter mungkin ada solusinya. Untuk sementara waktu jika saudara merasa risih dengan tato tersebut kenakanlah baju atau kaos yang berlengan panjang sehingga dapat menutupi keberadaan tato tersebut. Bacalah Imamat 19:28, 1 Kor 6:19

 Sdr. Yohanes Putera yang terkasih.

Apa yang telah dilakukan oleh romo tersebut menurut saya tidak salah, secara formal sudah sah. Yaitu penitent / pendosa datang kepada imam dengan rasa sesal dan tobat yang sempurna. Kemudian penitent mengakukan dosa dosanya dan romo pengakuan bisa langsung memberikan denda / penitensi tanpa harus memberi nasehat / konsultasi terlebih dahulu. Memberi nasehat  bukanlah suatu keharusan apalagi mengingat pada saat saat tersebut (menjelang hari Natal dan Paskah) umat yang mau mengakukan dosa sangat banyak jadi bisa lebih menghemat waktu. Jika saudara belum merasa puas itu hanyalah masalah perasaan saja, sebab selama ini  saudara sudah terbiasa mendapatkan romo yang selalu memberi nasehat. Tiap romo tidak selalu sama tetapi semuanya tetap berpegang pada ajaran Kristus. Salah satu alasan romo melakukan hal itu (tidak memberi nasehat), selain banyaknya umat yang mau mengaku dosa juga  romo tersebut kemungkinan tidak terbiasa memberikan nasehat, yang penting romo sudah mendengarkan pengakuan lalu memberi penitensi dan absolusi. Saudara tidak perlu harus mengaku dosa lagi, tetapi bila ingin mengaku dosa lagi, itupun juga diperkenankan.  Bacalah Yoh 20: 22,23, 1 Yoh 1: 9.


0 Responses to “Konseling Iman”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

