03
May
11

Hidup Kita Sebagai Sarana Pewartaan

Apa itu kerygma? Ditemui di Pasturan Gereja Santa Maria Anuntiata Sidoarjo, romo dengan nama lengkap Luluk Widyawan ini menguraikan pewartaan iman dengan lebih mendalam.

Kerygma yang berarti pengajaran/pewartaan iman adalah salah satu dari tugas panca gereja. ”Bagi yang belum Katolik, kerygma berarti memperkenalkan ajaran iman Katolik yang benar. Bagi yang sudah Katolik, kerygma berarti pendalaman iman, lewat katekese,“ jelas romo koordinator Komisi Kerasulan Umum Keuskupan Surabaya.

Kerygma, dalam konteks yang lebih luas dapat juga berarti kemampuan untuk melihat setiap persoalan dalam “kacamata” (perspektif) iman.

Bila melihat masalah di sekitar kita misalnya terbengkalainya kasus lumpur Lapindo, kekerasan atas nama agama, teror bom dan lain sebagainya, kita perlu bertanya, “iman kita berbicara apa terhadap masalah-masalah ini?”. “Apa jawaban iman akan masalah-masalah ini?” Hanya iman yang tanggap yang akan mampu mewujudkan bukti nyata untuk ikut andil membantu di dalam permasalahan tersebut.

Di dalam gereja, pengajaran iman bisa diperoleh pada waktu khotbah (homili) romo. Selain itu pengajaran iman juga dapat diperoleh di sekolah-sekolah Katolik. Pada bulan-bulan tertentu gereja juga mempunyai Bulan Katakese umat, misalnya pada Masa Prapaskah, Bulan Kitab Suci Nasional atau pada Masa Advent. “Di bidang kerasulan umum, sedang direncanakan kegiatan pembinaan untuk para katekis paroki agar pengajaran iman semakin baik,” ujar romo yang ramah ini.

Pewartaan dan pengajaran iman bisa juga dilakukan dengan kegiatan lain. Pada Agustus mendatang akan diadakan kegiatan katekese liturgi, yaitu pengajaran akan aspek-aspek liturgi yang baik dan benar kepada umat. Contoh lain, setiap malam Jumat legi diadakan katekese tentang Bunda Maria di Puhsarang Kediri.

Selain dengan kegiatan, pengajaran iman juga bisa diperoleh dari aneka buku, majalah, tabloid dan dari dunia internet. Beberapa website yang bisa menjadi rujukan dan sumber pengetahuan iman adalah http://www.ekaristi.org, http://www.katolisitas.org, dan http://www.mirifica.net. Beberapa sumber ini memungkinan umat untuk belajar secara mandiri.

Romo Luluk yang juga aktif sebagai koordinator Karina Keuskupan Surabaya (lembaga Katolik yang berdedikasi untuk penanggulangan bencana) ini menuturkan, bahwa iman juga dapat berkembang lewat pengalaman hidup seseorang. Dalam situasi bencana, misalnya, iman seseorang benar-benar diuji.

Bagi korban, wujud imannya adalah sikap pasrah dan berserah akan rencana Allah. Seberat apapun kondisinya, orang beriman akan selalu percaya bahwa Allah sedang merencanakan sesuatu yang indah di balik peristiwa bencana.

Bagi yang bukan korban, wujud imannya dapat berupa kesediaan untuk menjadi relawan atau donator. Imannya akan martabat manusia memanggilnya untuk melakukan sesuatu sebagai wujud empati akan penderitaan korban bencana.

“Banyak relawan Katolik di lokasi bencana yang saya temui. Mereka sudah tidak lagi membicarakan tentang iman, tetapi mewujudkannya, mempraktekkannya,” ujar romo kelahiran Rembang, 12 Agustus 1976 ini.

Mewartakan iman memang tidak harus bicara tentang teologi, atau kitab suci tetapi lebih efektif dalam bentuk perbuatan nyata, misalnya menolong tetangga yang kesusahan, berkunjung ke penjara, menjenguk orang sakit, dan kegiatan lainnya.

Romo Luluk menggunakan istilah “melampaui iman” untuk menyebut aneka kegiatan kemanusiaan itu.

“Mereka yang mewujudkan imannya dalam karya kemanusiaan dan hidup sehari-sehari itu melakukannya karena mereka tahu dirinya diutus oleh Yesus sendiri,” ujar romo yang hobi bermusik ini.

Jika diri kita adalah gambaran dari citra Allah, maka sudah sepantasnya, segala perbuatan, perkataan dan tingkah laku kita juga mencerminkan citra Allah itu. Dari situlah iman kita akan menginspirasi banyak orang. (*)

Oleh: Robertin Ratnaning


0 Responses to “Hidup Kita Sebagai Sarana Pewartaan”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: