16
Apr
11

Sense of Belonging Perlu Ditumbuhkan

Kerinduan umat dan pengurus Wilayah II untuk mendapatkan pembekalan dari Romo Wilayah terjawab sudah dengan diadakannya serangkaian kegiatan rekoleksi yang dipimpin langsung oleh romo Tri Kuncoro Yekti yang lebih akrab disapa dengan romo Cuncun.

Rekoleksi bertahap ini dimulai pada 27 September dilanjutkan pada 29 September, 13 Oktober dan ditutup di wisma Resi Aloysii pada 16-17 Oktober 2010.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari sosialisasi Arah Dasar (Ardas) Keuskupan Surabaya. Hal ini nampak dari materi yang disampaikan oleh romo Cuncun yang mengupas tuntas segi-segi hidup beriman yang benar mulai dari menumbuhkan rasa memiliki (sense of belonging) dalam hidup menggereja hingga bagaimana mengatasi rasa tidak diterima, terasing, tidak berkembang dan tidak dapat mengaktualisasikan diri khususnya dalam pelayanan.

Dengan gaya yang khasnya romo Cuncun menyampaikan materi rekoleksi dengan sangat detail dan selalu menerima segala masukkan dan uneg-uneg umat untuk menjadi lebih baik dalam hidup menggereja. Para peserta diajak untuk lebih menyadari dan peka akan segala kondisi yang terjadi di sekitarnya, dan dengan sila Ardas yang telah dicanangkan oleh Bapa Uskup, diharapkan umat dapat semakin bertumbuh untuk lebih mampu menjadikan dirinya garam dan terang dunia.

Acara rekoleksi ini diakhiri dengan misa kudus. Dalam khotbahnya romo Cuncun menegaskan bahwa siapa saja dapat dipakai Tuhan untuk menjadi “penolong” dalam kehidupan ini, untuk itulah umat diajak untuk semakin menyadari arti penting hidup beriman sehingga menemukan karya-karya ajaib Tuhan dalam kehidupan masing-masing orang. (*)

Oleh : Agustina Sucihati


0 Responses to “Sense of Belonging Perlu Ditumbuhkan”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: