16
Apr
11

Lustrum I PDKI Keuskupan Surabaya

“Allah sangat mengasihi kita, tak peduli betapa beratnya dosa kita. Tuhan ingin kita tahu bahwa belas kasihNya jauh lebih besar daripada segala dosa kita. Tuhan mengundang kita untuk datang kepadaNya dengan penuh kepercayaan, menerima belas kasihNya yang mengalir melalui kita kepada sesama. Dengan demikian segenap umat manusia akan ikut ambil bagian dalam sukacitaNya,” demikian sepenggal sambutan romo Dwi Joko dalam perayaan Lustrum I PDKI KS (Paguyuban Devosi Kerahiman Ilahi Keuskupan Surabaya), di paroki Sakramen Maha Kudus, 22-24 Oktober lalu dengan mengusung tema “Menjadi rasul Kerahiman Ilahi yang membawa terang Kristus untuk keluarga dan sesama”.

Lustrum yang berlangsung selama tiga hari ini dikemas dalam beberapa sesi. Hari pertama diisi dengan misa pembuka, selebran utama Mgr. V Sutikno Wisaksono. Dalam khotbahnya monsinyur menyampaikan bahwa di dunia yang semakin jahat dan kacau seperti sekarang ini, menjadi anggota PDKI adalah merupakan panggilan khusus untuk mewartakan Allah yang berbelas kasih. Dengan menjadi anggota PDKI, kita dituntut untuk lebih rendah hati, lemah lembut, sabar, dan selalu berbelas kasih di tengah tengah dunia yang semakin duniawi (hedonis dan materialistis).

Setelah misa dilanjutkan sambutan serta hiburan yang merupakan perayaan puncak HUT.  Hari ke dua dan ke tiga baru diisi pengajaran melalui seminar-seminar yang dibawakan oleh Mgr. Julianus K Sunarka (Uskup Purwokerto), Mgr. V Sutikno Wisaksono, Rm Dwi Joko, Rm Lulus Widodo dan Stefan Leks.

“Kerahiman Ilahi ditinjau dari sisi pastoral” itulah tema yang dibawakan oleh Mgr. Julianus K Sunarko siang hari itu. Dalam sesinya monsinyur menerangkan mengenai peristiwa pewahyuan, pengimanan, wawansabda / doa dan catatan pengalaman rohani oleh pribadi St. Faustina yang merupakan benih pastoralia devosi kepada Kerahiman Ilahi. Mencuatnya pengalaman rohani St. Faustina memuncak pada beatifikasi Suster Faustina oleh Paus Yohanes Paulus II dan yang secara pastoralia menerapkan pola berpastoralia gerejani yaitu kerygma (mewartakan), liturgia, martiria (bersaksi), diakonia (melayani) dan koinonia (persekutuan).

Di sesi lain, seminar yang bertema “Devosi Kerahiman Ilahi : Warta Pertobatan dan Pengampunan Ilahi”, Mgr. V Sutikno Wisaksono menyampaikan bahwa Devosi Kerahiman Ilahi memberi pesan akan kebutuhan jaman ini untuk menghayati alasan Tuhan Yesus wafat di salib yaitu mencari Kerahiman Ilahi dari Bapa untuk keselamatan semua umat manusia, dengan mengandalkan diri pada Kerahiman Ilahi. Devosi Hati Kudus Yesus bagaikan bunga dan devosi kepada Kerahiman Ilahi bagaikan buahnya. Pengampunan dosa (karena Kerahiman Ilahi) datang dari Bapa, karena cinta kasih PuteraNya Yesus (yaitu cinta Hati KudusNya).

“Perkumpulan Katolik menurut Hukum Gereja”, demikian tema yang dibawakan oleh Rm Dwi Joko dalam sesinya yang mengupas antara lain hak konsosiatif kaum beriman (kan.215), pelaksanaan hak (kan.223), tujuan perkumpulan (kan.298), Landasan Teologis serta anjuran untuk menjadi anggota suatu perkumpulan.

Di penghujung acara hari kedua, Stefan Leks membawakan tema “Aku ingin diriku sepenuhnya diubah menjadi KerahimanMu”. Yaitu sesi yang membahas tuntas doa St Faustina secara mendetil dan mendalam agar kita dapat lebih menghayati dan memahami doa tersebut.

Seminar hari ketiga, Rm. Lulus Widodo membawakan tema di dua sesinya sekaligus yaitu “Siapa takut menjadi rasul Kerahiman Ilahi dalam keluarga dan sesama” Menurut Rm Lulus untuk siap menjadi rasul Kerahiman Ilahi kita harus rela melepaskan segala belenggu yang selama ini ada di dalam diri kita

Kita juga dituntut untuk bermental profetis serta tidak mudah berkompromi. Terakhir lustrum ditutup dengan misa kudus oleh selebran utama Rm Dwi Joko selaku romo moderator PDKI Keuskupan Surabaya.

Oleh : Theresia Margaretha


0 Responses to “Lustrum I PDKI Keuskupan Surabaya”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: