16
Apr
11

Klinik Pengobatan Baru di PHKY Melayani Umum

Klinik pengobatan baru ini diresmikan pada Senin 1 November 2010, lalu oleh romo Eko Budi Susilo. Letaknya strategis di tengah kompleks Gereja Katedral Surabaya. Saat sambutan romo Eko Budi mengatakan bahwa klinik ini buka setiap hari kerja Senin sampai Jumat pk.17.00-20.00 dan terbuka untuk umum. Beliau juga mengharapkan semoga usaha ini lancar dan berhasil berkat doa kita semua.

Neck Inkiriwang, ketika ditemui Benedizione di rumah menjelaskan bahwa klinik ini di bawah asuhan Seksi Sosial (seksos). Seksos sendiri berada di bawah koordinasi DPP (Dewan Pastoral Paroki) bidang II (Sosial Kemasyarakatan) yang diketuainya.

Kegiatan Seksos meliputi usaha warung Broto, anak asuh, pemeriksaan kesehatan berkala (misalnya operasi mata katarak dan periksa darah murah), dan klinik. Klinik ini ke depan akan dikembangkan menjadi poliklinik, di mana nantinya akan ada poligigi dan BKIA (Balai Kesehatan Ibu dan Anak). Neck menambahkan bahwa usaha pengobatan ini bersifat non-komersial, artinya disubsidi oleh Gereja. Pasien hanya dimintai karcis periksa Rp. 15.000. Obat-obatan juga disediakan dengan harga yang terjangkau, sehingga total biaya sekitar Rp. 25.000-30.000. Perlu diketahui umat bahwa setiap Sabtu pagi mulai pk.07.00-11.00 ada pengobatan murah di klinik ini dengan harga karcis hanya Rp. 5000. (sudah termasuk obat).

Di akhir perbincangan, Neck membagikan angan-angan bahwa di PHKY kelak memiliki sebuah rumah jompo yang diprioritaskan untuk para lanjut usia Katolik yang benar-benar kurang mampu.

Semoga harapan baik dan mulia ini segera terwujud. (*)

Oleh : Bernard A. Yus


0 Responses to “Klinik Pengobatan Baru di PHKY Melayani Umum”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: