16
Apr
11

Genesis Community ; Gemar Aksi Sosial

Christmas With Orphans merupakan proyek tahunan yang diselenggarakan oleh Genesis Community, khususnya menjelang Natal. Genesis Community dipimpin orang Filipina yang tinggal di Indonesia. Karya mereka menjangkau anak-anak berkebutuhan khusus.

Karya kasih ini dimulai sekitar 8 tahun lalu. Awalnya hanyalah kegiatan kasih sederhana. Ketika ada anggota komunitas yang berulang tahun, biasanya dirayakan dengan mempersembahkan misa dan mengundang semua anggota untuk datang dan merayakan bersama. Kemudian muncul kerinduan untuk juga berbagi dengan saudara-saudara yang kurang beruntung.

Karya kasih ini dimulai dengan melakukan kunjungan ke Panti Asuhan Bhakti Luhur yang diasuh oleh romo Paul Janssen CM dan suster-suster ALMA (Asosiasi Lembaga Misionaris Awam) di daerah Dieng Malang. PA Bhakti Luhur ini menampung dan memelihara anak-anak berkebutuhan khusus, yaitu yang cacat dan tidak ada orangtua yang mengasuh mereka.

Kunjungan rutin mulai dilakukan pada tahun-tahun pertama, tidak hanya ketika ada anggota yang ulang tahun, tapi juga menjelang Natal. Mereka datang ke PA Bhakti Luhur dengan membawa makanan untuk dinikmati bersama, bingkisan bagi anak-anak dan sumbangan untuk turut menopang misi Bakti Luhur yang berkarya bagi anak-anak cacat.

Tuhan memberkati karya kasih mereka dengan menumbuhkan kerinduan yang semakin besar untuk juga berbagi kasih dengan anak-anak dari panti asuhan-panti asuhan lain. Genesis Community mulai merancang program untuk mengumpulkan anak-anak yang kurang beruntung dan terpaksa hidup di panti asuhan, jauh dari kasih sayang orang tua, untuk turut merasakan sukacita Natal.

Awalnya hanya mengundang beberapa panti asuhan di Malang dan Surabaya untuk datang ke Wendy’s Restaurant di Galaxy Mall. Di sana Genesis Community berusaha menyukacitakan anak-anak dengan berbagai atraksi, dari menyewa badut yang lucu, menyanyi bersama, makan siang bersama, dan mengajak anak-anak untuk bermain-main di Timezone Galaxy Mall. Walaupun mayoritas adalah panti asuhan Katolik, tapi seiring dengan berjalannya waktu, karya kasih ini juga menjangkau panti asuhan dari agama lain.

Khusus untuk anak-anak difable dari Bhakti Luhur maupun anak-anak dari Lembaga Karya Dharma yang diasuh oleh suster-suster SPM dan sukarelawan dari Keuskupan Surabaya, sebelum merayakan Pesta Natal di Wendy’s Restaurant pada 25 Desem-ber 2010, anak-anak ini dengan ditemani pembimbing bersama-sama menghadiri misa bahasa Inggris di Gereja Redemptor Mundi. Di sana mereka mempersembahkan beberapa lagu dan tarian di akhir Misa Kudus. Kekurangan fungsi tubuh tidak menghalangi anak-anak ini untuk bersyukur akan Kebaikan Tuhan yang memelihara hidup mereka. Umat sangat terpesona oleh persembahan mereka ini yang tampak dari tepuk tangan yang sangat meriah dari umat. Tidak sedikit juga yang sampai menitikkan air mata menyaksikan semangat anak-anak ini.

Semakin lama karya kasih ini semakin berkembang. Tidak hanya pada anak-anak terlantar, tapi juga menjangkau anak-anak asrama, anak-anak tunadaksa, para lanjut usia di panti jompo, para penyandang masalah sosial (PMS) dan anak jalanan.

Karya Misi ini tidak hanya dilakukan oleh anggota Genesis Community, tapi juga mendapat dukungan luas dari berbagai pihak. Walaupun kebanyakan berasal dari paroki-paroki di Surabaya Barat yaitu Redemptor Mundi dan Aloysius Gonzaga, tapi para sukarelawan juga banyak yang berasal dari paroki lain.

Sumber dana Genesis Community berasal dari sumbangan anggota, kolekte khusus di Redemptor Mundi, dan donatur.

Be generous, because God loves generous heart.” Mr. Ramon Martillano pria Filipina sebagai pemimpin Genesis Community senantiasa mengingatkan para anggota komunitas untuk bermurah hati, karena Tuhan mencintai orang yang bermurah hati.

Hingga kini tercatat ribuan anak dan orang-orang berkebutuhan khusus yang dilayani oleh komunitas ini. Tidak hanya di Surabaya, sumbangan dari komunitas ini juga menjangkau Malang, Jember, Blitar dan Flores. (*)

Oleh : Joseph Haryanto 


0 Responses to “Genesis Community ; Gemar Aksi Sosial”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: