16
Apr
11

Cinta Mekar Karena Weekend

“Berbahagia, bergembira, dua sejoli berseri-seri. Berbahagia bergembira sehidup semati ku berjanji…” Itulah sebagian dari bait lagu yang dinyanyikan oleh para peserta Marriage Encounter (ME) Weekend dan panitia penerimaan yang sudah menunggu di Aula SDK Charitas I di jalan Thamrin Surabaya.

Walaupun capek sehabis perjalanan dari Pacet menuju Surabaya, tetapi raut wajah mereka tetap memancarkan kebahagian dan terus membagikan senyum satu sama lain sambil mendendangkan dua lagu yang menggambarkan semua kegiatan yang telah mereka lakukan bersama-sama dengan pasangan masing-masing di Pacet.

Sesaat kemudian lampu di dalam dan di luar ruangan tiba-tiba padam. Sontak semua orang yang ada di dalam ruangan diam dan keadaan ruangan pun menjadi sunyi. Beberapa menit kemudian, terdengar suara anak-anak yang menyanyikan lagu senandung buah hati yang merupakan bukti bahwa mereka merindukan orangtua masing-masing. Lalu sebuah puisi dibacakan dengan kidmat sebagai ungkapan kasih terhadap orangtua masing-masing, setelah ditinggal selama tiga hari. Segala kangen dan rindu pun terpuaskan ketika lampu dinyalakan dan anak-anak berham-buran memeluk orangtua masing-masing. Tentu saja suasana mengharu-biru.

Weekend Marriage Encounter (ME) kali ini diadakan di wisma Bintang Kejora Pacet selama tiga hari, padal 26-28 November 2010. Kegiatan ini diperuntukan bagi pe-ngurus Lingkungan dan Wilayah PHKY.

Semua acara dikemas rileks, santai, dan penuh canda tawa oleh team Marriage Encounter (ME). Dalam acara itu para pasutri mempelajari teknik berkomunikasi atas dasar cinta kasih dan diberi kesempatan untuk melihat lebih dalam pribadi pasangan, orang lain dan Tuhan.

Kegiatan ini juga merupakan saat yang tepat untuk untuk berbagi perasaan, harapan, kekhwatiran, keputusan bahkan kebahagian dan merancang masa depan yang lebih baik bersama-sama serta memberikan motivasi untuk memperbaiki hubungan dan kehidupan sebagai pasutri.

“Semoga dengan kegiatan ini, keguyuban pengurus Lingkungan dan Wilayah di paroki HKY dapat bertumbuh,” ujar Prapto Wibowo, koordinator tim pendampingan keluarga PHKY.

Belajar membina, berkomunikasi dan berelasi antara suami istri yang baik adalah materi yang diberikan kepada peserta weekend ME angkatan 206 ini. Pematerinya adalah Romo Kasmir, pasutri Endang-Arko, pasutri Christine-Han dan pasutri Tin-Susilo.

“Dengan pencanangan tahun 2010, sebagai Tahun Keluarga, diharapkan kegiatan ini dapat meningkatkan pertemuan keluarga, kesejahteraan suami-istri, serta meningkatkan kuantitas dan kualitas pertemuan keluarga. Karena dalam perkawinan Katolik ada dua pilar yang sangat penting yaitu kesejahteraan suami istri dan kelangsungan pendidikan anak-anak,” imbuh Suprapto yang ramah ini.

Dalam Weekend ME pasutri akan menemukan waktu  yang tepat untuk arti yang lebih dalam dari sebuah perkawinan. Acara ini juga memberi kesempatan untuk lepas dari rutinitas, dan menggali masa-masa penting dalam hidup perkawinan dan mempererat perasaan cinta terhadap pasangan.

Banyak pasutri mengaku terkesan dengan acara ini. Bernard Yus dan istri mengatakan, lewat acara ini mereka belajar untuk saling menghargai, saling memaafkan dan saling melupakan semua yang buruk.

Romo Kasmir sebagai pemateri mengatakan bahwa inti dari kegiatan ini adalah memperkuat komunikasi antara suami-istri dalam kehangatan. Dalam suatu relasi yang sehat, berselisih paham pun dilakukan dengan cara yang saling menghargai.

Sebagai penutup acara, peserta diminta untuk berdiri dan menyanyikan lagu “Dunia Baru” sambil bergandengan tangan.

Pasutri yang harmonis dan keluarga yang hangat dan bahagia akan menciptakan masyarakat yang baik pula. Maka benarlah bila dikatakan, “keluarga adalah gereja kecil”.  (*)

Oleh : Krispinus Alfen

Foto : Tim Weekend ME


0 Responses to “Cinta Mekar Karena Weekend”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: