06
Oct
10

Stephanus Bambang Satrijo ; Hidup Untuk Melayani

Namanya yang benar adalah Stephanus. Namun banyak kalangan sering salah menulisnya dengan Stevanus atau Stefanus. Di tangan pria kelahiran Surabaya 50 tahun lalu inilah kinerja pastoral paroki Hati Kudus Yesus Surabaya menjadi lancar.

Dijumpai di gereja Katedral Surabaya, ayah dari Theresia Selina (20), Albert Laurent (18), Fabian Marcel (15) dan Bernard Niklas (13) ini menceriterakan ikhwal terpilihnya sebagai sekretaris I DPP (Dewan Pastoral Paroki) HKY. Yaitu tanpa ia sadari, ternyata selama ini sepak terjangnya mendapat perhatian dari rekan-rekannya dan tanpa sepengetahuannya ia pun dicalonkan ketika jabatan tersebut masih lowong. “Saya merasa ‘dijebak’ hingga tak mampu lagi untuk menolak,” ujarnya di awal wawancara sore itu.

Meski mengemban amanat karena “dijebak” namun hal itu tak lantas membuatnya merasa berat hati. Ia justru melakoni tugas barunya dengan penuh dedikasi, bertanggung jawab dan setia. Pria yang sehari-hari menjadi wiraswasta ini kemudian memaparkan tugas-tugas rutin yang selama ini sudah ia lakukan. Yang ia maknai sebagai program kerjanya, yaitu ikut mengkoordinir panitia Natal/Paskah, juga keterlibatannya dalam kepanitiaan tahbisan diakon, rekoleksi romo-romo, serta event-event insidentil misalnya HUT PHKY.

“Pokoknya ikut memperbaiki kinerja pastoral yang ada,” imbuhnya. Ketika ditanya apakah semuanya sudah berjalan baik, suami dari Eveline Karim ini dengan merendah menjawab “Umat dan orang lainlah yang bisa menilai. Dalam berkarya tentunya saya juga tak luput dari kekurangan”.

Panggilannya untuk ikut serta terlibat dalam pelayanan dimulai sejak ia menjadi misdinar di usia 11 tahun. Semangat untuk melayani ini disebabkan ia sudah terbiasa dilayani semenjak kecil. Dan hingga sekarang setelah hidup berkeluarga pun, istri dan anak-anak mendukung penuh segala aktivitasnya itu. Mengaku terjun di pelayanan karena sudah menjadi kebutuhan, pria bernama lengkap Stephanus Bambang Satrijo ini mengungkapkan tugasnya sebagai sekretaris I yaitu sebagai jembatan komunikasi di DPP, termasuk diantaranya membuat undangan dan mengorganisir rapat DPP, membuat notulen rapat, mendokumentasikan surat-surat masuk dan keluar. “Intinya ikut melancarkan kinerja pastoral,” lanjutnya lagi.

Pria yang gemar olahraga dan bercengkerama dengan keluarga ini menambahkan, selama berkarya nyaris tidak ada kendala berarti yang ia temui. Justru sering kendala yang ada datang dari intern pribadinya yang kadang kurang komit karena alasan tertentu. Pengalaman paling menyenangkan dalam pelayanan adalah jika sesama pengurus dan umat betul-betul guyub, kompak dan tulus.  Dan juga jika pelayanan yang telah dilakukannya dapat tersampaikan dengan baik.

Mempunyai motto hidup “belajar, bekerja, dan berkarya disertai dengan ketulusan dan kejujuran”. Pria yang dalam melaksanakan tugas sebagai sekretaris DPP berduet dengan Petrus Wiratmoko ini menambahkan falsafah hidupnya yaitu “Hidup adalah untuk melayani dan bukan untuk dilayani”. Rupanya itulah bekal yang selama ini ia simpan dalam melakoni hidup.

Sebagai wujud kesetiaan Stephanus pada pelayanan, ayah empat anak ini menyerukan ajakannya kepada segenap pembaca Benedizione “Saya yakin, banyak dari pembaca yang mempunyai potensi melebihi saya, namun rupanya anda masih malu-malu dan belum bersedia menjadi pengurus gereja, tahun depan (saat pergantian pengurus), mari anda semua keluarlah dari ‘kandang’ untuk bersiap dan berkarya di paroki kita tercinta ini,” pungkasnya sambil tersenyum.

Dan nampak apa yang ia harapkan ini secara tak langsung merupakan bentuk kepeduliannya untuk kehidupan bersama menggereja yang lebih baik, yang tak mandeg hanya di dalam wacana. Selamat berkarya.

Oleh : Theresia Margaretha


0 Responses to “Stephanus Bambang Satrijo ; Hidup Untuk Melayani”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: