06
Oct
10

Setiap Orang Bisa Menjadi Orang Kudus

Wawancara bersama Vikjen Keuskupan Surabaya Rm. A.P. Dwi Joko

Bagi umat Katolik pembabtisan merupakan tanda penerimaan seseorang sebagai anak Allah, sekaligus menjadi warga Gereja. Pembabtisan juga ditandai dengan penyematan satu nama yang diambil dari nama orang kudus.

Kenapa ada orang kudus? Ditemui di Wisma Keuskupan Surabaya, romo Antonius Dwi Joko, Pr. menguraikan tentang keberadaan dan peran orang kudus dalam Gereja Katolik.

Orang kudus atau yang biasa dikenal sebagai santo dan santa adalah orang-orang yang dijadikan teladan bagi umat dalam kehidupan Gereja. Keberadaannya pun telah ditetapkan dan disahkan melalui proses panjang sesuai dengan prosedur dan hukum Gereja. Lebih lanjut romo DJ, sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa orang kudus adalah orang-orang dengan tingkat kedalaman iman yang lebih dari umat awam pada umumnya. Hal ini ditandai dengan terjadinya mukjizat atau peristiwa-peristiwa iman lainnya.

Romo DJ menandaskan pada dasarnya setiap orang bisa menjadi orang kudus. Ketekunan doa dalam menghadapi setiap peristiwa hidup serta pengalaman iman yang berbeda dari umat, menjadikan orang kudus sebagai perantara bagi umat terhadap Allah.

Di Indonesia ada beberapa orang yang telah dikuduskan oleh Gereja, meskipun belum sepenuhnya ditetapkan sebagai santo atau santa. Proses yang rumit dan panjang menjadi alasan utamanya. Romo DJ mencontohkan, romo Mangun wijaya merupakan salah satu tokoh dalam Gereja Katolik yang dikuduskan karena menghantarkan banyak umat pada peristiwa-peristiwa iman yang mendalam. Konon, doa umat yang berziarah ke makamnya, banyak terkabul. Hanya saja, sampai saat ini belum secara sah ditetapkan sebagai santo.

Keberadaan orang kudus dalam Gereja Katolik diyakini dapat membawa semangat dan penghayatan yang mendalam dalam setiap peristiwa hidup sehari-hari.

Pada akhirnya, keberadaan santo dan santa ini diharapkan dapat menjadi teladan dalam kehidupan Gereja. (*)

Oleh : Agnes Lyta Isdiana


0 Responses to “Setiap Orang Bisa Menjadi Orang Kudus”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: