06
Oct
10

Satu-satunya di Jawa Timur

Fakultas Filsafat UKWMS

”Filsafat hendak mempelajari semua aspek kehidupan manusia, seperti pengetahuan, nilai-nilai, moralitas, politik, ekonoi, budaya, seni, bahasa dan agama secara rasional dan kritis dari sudutnya yang paling mendalam”

Pada 7 Desember 2009 lalu, Fakultas filsafat Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) resmi didirikan dengan memperoleh SK Dirjen Dikti Nomor: 2334/D/T/2009. Akreditasi baru akan dijalankan tahun depan.

Ada dua alasan dasar mengapa fakultas filsafat ini didirikan. Pertama, kebutuhan akan sumber daya manusia yang mampu berpikir kritis, rasional, membangun konsep yang jelas, memiliki pengetahuan mendalam serta kepekaan pada kemanusiaan, serta mampu melaksanakan semua itu secara arif di dalam praktek sehari-hari. Kedua menciptakan sumber daya manusia yang memiliki pengetahuan menyeluruh sekaligus mendalam mengenai kehidupan manusia, membantu Keuskupan Surabaya guna mendorong umat Kristiani untuk lebih memperhatikan gereja dan negara (pro ecclesia at patria).

“Harapannya fakultas filsafat mampu menghasilkan pemikir bangsa di masa depan, lebih beradab, lebih terbuka, tidak fanatik, bijaksana dalam mengambil keputusan, serta bekerja secara professional di berbagai hal,” ungkap Reza Watimena, sekretaris fakultas filsafat UKWMS.

Satu-satunya fakultas Filsafat di Jawa Timur yang se-cara resmi disebut Program Studi Ilmu Filsafat ini menawarkan dua konsentrasi studi yakni Teologi/Filsafat agama Kristen dan Filsafat Bisnis. Tujuan dari konsentrasi studi yang disebut terakhir adalah menghasilkan pebisnis dengan keunggulan leadership dan etika sehingga dapat melahirkan pebisnis yang lebih humanis.

Fakultas filsafat UKWMS juga menerbitkan newsletter bulanan “Cogito” yang dikelola mahasiswa dan dosen dengan gaya penulisan yang kritis.

“Filsafat itu menyenangkan, filsafat itu petualangan intelektual, asalkan punya keinginan untuk berkonfrontasi dengan ide-ide  baru, punya kehausan intelektual akan hal-hal baru,” ujar Reza. Pandangan ini tentu saja untuk menepis anggapan sebagian masyarakat yang berpikir filsafat itu sulit dan berat. “Orang yang menganggap filsafat itu sukar adalah orang yang belum pernah belajar filsafat,” imbuh Reza..

Hal-hal yang dipelajari di fakultas filsafat UKWMS antara lain: 1) mempelajari aspek-aspek di bidang bisnis secara filosofis, memberikan analisis secara mendalam dan menyeluruh terhadap praktek bisnis yang ada, serta mengajukan model tata bisnis yang efektif dengan berpijak pada nilai kemanusiaan. 2) mempelajari sejarah keberadaan dan aspek dari beragam agama di dunia secara rasional, analisis, dan kritis. 3) mempelajari aspek dari kehidupan sosial politik manusia secara rasional dari sudutnya yang paling dalam dengan berpijak pada pemikiran para filsuf besar. 4) mempelajari tentang segala sesuatu  yang terkait dengan penilaian baik buruk di dalam kehidupan manusia. 5) mempelajari berbagai aspek di dalam seni dan rasa keindahan di dalam kehidupan manusia.

Fakultas filsafat UKWMS memiliki keunggulan yakni; 1) Para pengajar yang menguasai dasar teori-teori klasik di dalam filsafat secara luas dan mendalam, seperti filsafat Yunani kuno, filsafat Skolastik abad pertengahan dan filsafat pencerahan. 2) Memiliki kajian teori kontemporer yang luas dan mendalam, seperti penelitian multikulturalis, memasyarakat kota, serta teori-teori filsafat yang sedang menjadi perdebatan di tingkat internasional. 3)  Memiliki peminatan filsafat bisnis yang hendak memberikan terobosan pemikiran serta praktek di dalam bidang bisnis secara khusus dan bidang ekonomi secara umum. 4) Memiliki kajian filosofis yang meluas dan mendalam terhadap budaya lokal khas Indonesia, seperti filsafat Indonesia dan filsafat Jawa dan kemudian menempatkannya dalam dialog dengan budaya global. 5) Memiliki jaringan kerja sama dengan universitas lokal maupun internasional untuk meningkatkan mutu penelitian dan pembelajaran.

Di samping kelebihan yang sudah disebutkan di atas, yang tidak kalah menarik lagi dari fakultas filsafat ini adalah prospek lapangan kerja, di antaranya adalah: a) wartawan dan jurnalis di media massa, baik cetak maupun elektronik; b) editor di berbagai penerbitan buku-buku ilmiah; c) staff peneliti di bidang ekonomi, politik, budaya, dan seni di lembaga pemerintah dan swasta; d) pengembangan sumber daya manusia di berbagai organisasi ataupun perusahan; e) pengajar etika, filsafat, agama, dan ekonomi di berbagai sekolah maupun perguruan tinggi; f) konsultan etika biomedis dan etika bisnis di perusahan rumah sakit, serta lembaga kesehatan; g) berwirausaha; h) pemuka agama katolik.

Selain mahasiswa, bagi mereka berminat mendalami berbagai kajian filsafat saat ini dapat mengikuti perkuliahan secara aktif sebagai mahasiswa pendengar, yakni mahasiswa yang bisa mengikuti  diskusi selama perkuliahan, namun tidak akan mengikuti ujian, dan tidak mendapatkan gelar apapun. Sebagai apresiasi fakultas filsafat akan memberikan sertifikat sebagai tanda keikutsertaannya. Tertarik untuk bergabung? (*)

Oleh : Fransiscus Anggu


0 Responses to “Satu-satunya di Jawa Timur”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: