06
Oct
10

Gratia di Keuskupan Surabaya

Pelayanan Gratia (Gerakan Orang Tua Iman dan Asuh) di Keuskupan Surabaya yang telah berdiri sejak tahun 2002 bertujuan memberikan bantuan kepada para siswa yang kurang mampu di daerah agar kegiatan belajar dan mengajar dalam sekolah Katolik dapat terus berjalan dengan lancar.

Para siswa yang dibantu adalah mereka yang masih belajar di Play Group, TK, SD sampai SMA. Sekretariat GRATIA yang bertempat di lantai 3 Wisma Pastoran, jalan Majapahit 3, Surabaya selalu terbuka untuk para donatur yang ingin menjadi orang tua asuh bagi anak-anak di daerah yang membutuhkan bantuan karena kesulitan dalam membayar uang SPP di sekolahnya atau karena fasilitas di sekolahnya masih minim seperti pengadaan alat peraga, alat-alat tulis, seragam sekolah dan kegiatan operasional lainnya.

Pelayanan GRATIA dengan moderatornya Rm. Hans Koerniawan, Pr pada periode 2008-2010 lebih memprioritaskan sekolah-sekolah Katolik yang bernaung di bawah Yayasan Yohanes Gabriel, Keuskupan Surabaya. Sekolah Katolik yang menerima bantuan tersebut berasal dari Perwakilan III (daerah Kertosono, Nganjuk, Blitar, Kediri), Perwakilan IV (daerah Ponorogo, Magetan, Nganjuk, Ngawi, Madiun), Perwakilan V (daerah Cepu, Tuban dan Rembang).

Pada awal tahun ajaran 2008 -2009, jumlah anak asuh sekitar 1410 anak asuh, sekarang pada periode 2009-2010 jumlah anak asuh sekitar 1870 anak asuh. Jumlah donatur yang telah berpatisipasi dalam pelayanan GRATIA ini sampai saat ini berjumlah sekitar 500 orang. GRATIA menerima sumbangan berupa uang dari setiap donator dan akan langsung ditransfer ke nomer rekening Uskup Surabaya. Sumbangan berupa barang yang dibutuhkan antara lain alat tulis, tas, buku dll. (diharapkan barang yang masih baru), mainan, buku cerita dan buku bacaan (bekas atau baru).

Setiap donatur akan diberikan tanda terima dan laporan tertulis yang berisi nama anak yang dibantu. Juga laporan kegiatan penyalur an bantuan yang telah disalurkan ke setiap sekolah.

Dalam surat imbauan yang ditulis oleh Uskup Surabaya untuk para calon donatur pelayanan GRATIA, Bapa Uskup mengajak semua pihak untuk ikut berpartisipasi dalam menggalang bantuan dan dukungan untuk mengembangkan karya pelayanan ini, karena Gerakan Orang Tua Iman dan Asuh ini sudah menjadi karya yang semakin besar, juga agar kegiatan belajar dan mengajar dalam sekolah Katolik dapat terus berjalan dengan lancar.

Sekolah Katolik adalah ujung tombak karya kerasulan pendidikan, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan menanam kerajaan Allah di hati para siswa. Dengan menjadi orang tua asuh atau ikut dalam pelayanan GRATIA, anda ikut ambil bagian dalam karya pendidikan di Keuskupan Surabaya dan ikut pula menjaga, mempertahankan serta mengembangkan sekolah-sekolah Katolik. (*)

Jika ada ingin membutuhkan informasi lebih banyak tentang kegiatan GRATIA dapat melihat di websitenya: http://www.gratiasurabaya.org atau menghubungi kantor GRATIA di Wisma Pastoran HKY hari Senin sampai Jumat, nomor Telp/Fax : 031-5673958,

E-mail: gratiasby@yahoo.com.

Oleh : Andreas Supardja


1 Response to “Gratia di Keuskupan Surabaya”


  1. 1 fx sudianto kusnadi
    16/03/2012 at 00:39

    yth Bpk Andreas Supardja , sy berminat menyumbangkan waktu & pemikiran u. para peserta-didik anak2 sekolah TK, , SD .(di Sbya dulu ) .. sesuai dgn profesi sy dlm bid kes./ked.gigi.. meski sy sdh berusia > 65 purna bakti dosen D3 bid .pend.prwat gigi ………………… mhn informasi …. di E-mail /wall profile sy ..di facebook. tksh .


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: