06
Oct
10

Dukungan Orangtua Menguatkan Prestasi Anak

Setiap anak adalah unik, namun tidak semua orangtua menyadarinya. Orangtua sering menuntut anak menjadi seperti yang dia inginkan namun jarang mendampingi anak untuk memperlihatkan kelebihan alami yang dimilikinya. Tidak semua anak beruntung memiliki orangtua yang mengerti dan mendukung kelebihan mereka. Diantara anak-anak yang beruntung itu adalah Yonathan Wesley Inkiriwang.

Anak pasangan suami-isti Rudy Inkiriwang dan Meliani Gani yang masih berusia 7 tahun ini (lahir di Surabaya, 30 Januari 2003) ini mampu menunjukkan bakat serta prestasinya di bidang musik terutama piano. Hal itu tak dipungkiri hasil dari pendampingan dan dukungan orangtua.

Awalnya Meliani tidak mengetahui apa sesungguhnya bakat Jonathan. Meliani hanya ingin memberikan kesempatan anaknya untuk bermain piano. Tidak disangka ternyata Jonathan mampu memberikan lebih dari yang diharapkan Meliana. Jonatan mengikuti kursus piano pada usia 4,5 tahun di Irama Mas. Setahun  kemudian Meliana mengikut sertakan Jonathan kursus secara privat pada Firstly Theodore, seorang guru piano yang sangat disiplin dan mengerti pembentukan karakter anak didiknya. Tidak sia-sia Jonathan mengikuti kursus piano karena banyak prestasi yang ditorehnya. 

Banyaknya prestasi yang telah diraih tak membuat Jonathan tinggi hati, hal itu telihat dari penampilan Jonathan yang low profile dan tidak sombong. Kerendahan hati ini selalu ditekankan oleh Meliana dan Rudy, bahkan selama ini Meliana berusaha untuk tidak memberitahukan pada pihak sekolah tentang prestasi yang telah diraih Jonathan.

Prestasi ini tidak semata-mata diraih Jonathan dengan mudah. Setiap hari Jonathan harus latihan secara pribadi di rumah minimal satu jam, mengikuti kursus empat kali dalam seminggu. Selain kursus piano, Jonathan juga mengikuti kursus bahasa Mandarin, bahasa Inggris dan pelajaran.

Melihat banyaknya kegiatan yang diikuti anaknya, Meliana merasa tidak tega namun semua itu atas kemauan dan permintaan Jonathan sendiri dan selama ini Jonathan juga selalu disiplin dalam menjalaninya. ”Semangat karena ingin memberikan yang terbaik”, itulah yang selalu dilakukan oleh Jonathan ketika menghadapi lomba. Karena keyakinannya itu maka Jonathan selalu mampu memberikan yang terbaik bagi keluarga dan dirinya.

Jika terkadang muncul rasa gugup menjelang pertandingan -terutama bila melihat rival-rivalnya bermain bagus-bagus- Meliana selalu meminta Jonathan untuk berdoa. Bagi mereka doa adalah sarana yang terbaik karena mampu membuat Jonathan merasa tenang dan yakin akan Tuhan memberikan yang terbaik pada dirinya.

Warga paroki Kristus Raja yang lebih sering pergi misa di gereja Katedral ini hingga saat ini ingin tetap bermain piano dan tidak melupakan sekolahnya, hal itu pula yang menjadi harapan orangtuanya, sekolah dan bermain musik bisa berjalan seiring.

————————— 

Biodata dan Prestasi :

Nama : Jonathan Wesley Inkiriwang

TTL : Surabaya, 30 Januari 2003

Sekolah : SD IPH East kelas 2

Alamat : Dharmahusada Utara 30 Surabaya

Paroki : Kristus Raja

Tahun 2008

– Harapan 4 : Basic A2.3rd Stretto Music Competition.

– Juara 2 : Basic A Music Fu  Group “More About Modern” Open Piano Competition.

– Juara 1 : Preporatory A. Melodia Piano & Violin Competition.

Tahun 2009

– Juara 2 : The 10th Additional Galaxy Open Piano Competition 2009.

– Juara 1 : Piano Grade 2B London College of Music (LCM) Piano & Violin Competition.

– Harapan 1 : Piano free AA Intermediate London College of Music (LCM) Piano & Violin Competition.

– Juara 3 : Preliminary 1B Indonesia Open Competition.

– Juara 1 : KMS 4 Pesta Music Irama mas.

– Juara 1 : Preliminary 1B Golden Music Piano Competition.

– Juara 1 : Free Preliminary Solo Golden Music Piano Competition.

– The Best Student (Bahasa Indonesia) IPH Kindergarten Graduation.

Tahun 2010

– Meraih platinum Awards dean mendapatkan Scholarship “3rd Singapore Performers’ Festival”.

– Memperoleh masterclass dengan Anna Sleptsova (Australia) dan mendapat honour untuk membawa-kan 2 lagu yaitu La Chevaleresque Op. 100 No. 25 dan Patels (Martha Mier) pada Award Ceremony di Yong Siew Toh Conservatory Concert Hall, 27 Juni 2010.

– Juara 1 : Yamaha Piano Competition Tingkat Wilayah Indonesia Timur (April 2010) untuk kategori junior A.

Oleh : Yohanna Tungga


0 Responses to “Dukungan Orangtua Menguatkan Prestasi Anak”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: