24
Jul
10

Wajah Baru Kantin dan Sekretariat

Sejak 3 Mei lalu, wajah kantin dan sekretariat Paroki HKY berubah. Sekretariat yang dulunya berada di lantai dua, kini pindah di sebelah kantin. Toko buku Varia Santa juga bergeser. Inilah konsep paroki modern yang melayani umat selengkap-lengkapnya.

John Maheli, ketua BGKP (Badan Gereja Katolik Paroki), ketika ditemui Benedizione mengatakan bahwa pelayanan kantin akan terus ditingkatkan, mutu makanan diusahakan lebih baik serta higienis. Suasana juga dibuat lebih nyaman dan rileks.

BGKP adalah badan yang mengurusi harta benda gereja, bidang usaha gereja, inventarisasi aset, pembangunan dan pemeliharaan serta kepegawaian. Singkatnya, BGKP bertugas memastikan bahwa pelayanan gereja terhadap umat lebih maksimal. Lebih-lebih mengingat, PHKY adalah gereja katedral yang didatangi umat untuk berbagai aktivitas.

Demikian juga halnya dengan Widianti Narpati, (akrab dipanggil Ibu Jacky), pengelola kantin HKY. Menurutnya, renovasi dan perbaikan wajah kantin, perlu diimbangi dengan peningkatan kualitas pelayanan. “Sekarang pelayan kantin memakai seragam. Kami juga menjaga kualitas makanan dan minuman serta melakukan variasi menu,” ujarnya.

Menurutnya, pengunjung kantin bukan hanya dari umat, melainkan juga kerap didatangi para karyawan kantor di sekitar gereja. “Harga makanan masih tetap. Semoga supllier juga tidak menaikkan harga,” katanya.

Keuntungan yang didapat dari usaha kantin ini selain dipakai untuk belanja dan operasional, sebagian masuk ke kas gereja lewat BGKP.

Kantin dibuka mulai pukul 07.00 hingga pukul 19.00, Senin sampai Sabtu. Khusus Minggu atau hari besar kantin tutup untuk memberi kesempatan ibu-ibu dari Seksi Sosial berjualan menggalang dana.

Hadirnya sekretariat paroki di sebelah kantin juga mempermudah umat yang ingin mengurus administrasi. Setelah selesai, umat dapat istirahat sebentar di kantin atau belanja buku dan aksesoris di Varia Santa.

Sebagai gereja katedral (gereja di mana Uskup tinggal), PHKY menjadi sorotan banyak pihak. Untuk itu, pelayanan harus terus ditingkatkan agar menjadi panutan bagi paroki-paroki lain. Tahun Keluarga dan Habitus Baru yang dicanangkan di 2010 ini juga menyangkut perbaikan pelayanan dan administrasi paroki. (*)

Oleh : Bernard A Yus.


0 Responses to “Wajah Baru Kantin dan Sekretariat”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: