24
Jul
10

Melayani Karena Panggilan Hati

Maria Lidwina Kurniawati

Kecintaannya pada pelayanan tak diragukan lagi. 29 tahun sudah ia berkarya di ladang Tuhan guna memenuhi panggilan hatinya. Maria Lidwina Kurniawati demikian nama lengkap wanita kelahiran Jogya, 7 Maret 1940 ini. Ditemui di gereja Hati Kudus Yesus Surabaya sebelum misa, ibu dari empat orang anak ini menyambut ramah kedatangan Benedizione.

Mengawali pelayanan sebagai wakil dan ketua Lingkungan, kemudian wakil dan ketua WKRI (Wanita Katolik Republik Indonesia) masing-masing selama dua periode. Dilanjutkan Bendahara Seksi Sosial Paroki dan hingga sekarang dipercaya sebagai Bendahara I DPP (De-wan Pastoral Paroki) Hati Kudus Yesus untuk masa bakti 2008-2011.

Wanita yang akrab dipanggil ibu Hardi ini memaparkan tugas dan fungsi Bendahara I, yaitu mengelola keuangan paroki demi pelaksanaan karya pastoral Paroki. Selain itu juga  mencari atau menerima sumbangan uang dari dermawan baik dari kalangan umat maupun dari luar paroki untuk kepentingan pastoral paroki. Ia juga bertanggung jawab membuat serta melaporkan keuangan paroki kepada romo paroki dan Dewan Harian.

Mengaku terjun ke dunia pelayanan karena panggilan hati, ibu yang mempunyai motto “jangan pernah menyusahkan orang lain” ini mengungkapkan program yang telah dibuatnya yaitu membuat jadwal petugas untuk penghitungan uang (kolekte, uang lilin dan uang miskin) serta mengatur orang-orang yang akan terlibat dalam tim bendahara dengan mengikuti saran dan kebijakan dari romo paroki.

Dengan panjang lebar, wanita yang dibabtis pada 1981 ini menceriterakan mengenai perubahan sistem penghitungan uang kolekte yang dimulai pada bulan Desember 2009 lalu. Dulu, penghitungan hasil kolekte dilakukan pada hari Senin saja oleh sebuah tim yang ditunjuk khusus untuk tugas itu. Sekarang hasil kolekte langsung dihitung seusai misa oleh tim penghitung uang dari Wilayah dan pengurus BGKP (Badan Gereja Katolik Paroki).

Wanita yang selalu mengawali hari dengan senam taichi ini mengungkapkan bahwa program itu sudah 75% berjalan baik, yang artinya sudah mendekati sempurna seperti yang diharapkan. Terbukti setelah beberapa bulan berlangsung ternyata sistem penghitungan uang yang baru tersebut lebih baik hasilnya. “Kita sekarang bisa segera tahu perolehan hasil kolekte tiap misa,” paparnya kepada Benedizione.

Dukungan penuh dari keluarga kian memantapkan langkah istri dari Rafael Mikael Hardi Gunawan (alm) ini untuk terus berkarya. Banyak cerita menarik mengalir dari bibirnya seputar pelayanan yang telah ia lakukan. Nampak semuanya itu membekas dalam lubuk hatinya.

Ketika ditanya pengalaman yang paling berkesan selama menjalani pelayanan, ibu dari Leonardus Wiro Santoso (51), Ludovikus Budiono (49), Lucia Fidelis Menarniati (46) dan Maria Laurentia Birgitta Lilik (41) ini dengan semangat mengisahkan saat ia menjabat sebagai wakil ketua Lingkungan di awal pelayanannya dulu. Karena waktu itu belum berpengalaman ia merasa kurang percaya diri dalam melaksanakan tugas. “Saya sampai nderedheg (gemetaran) waktu pertama kali memimpin rapat,” tuturnya sambil tertawa geli saat teringat kejadian waktu itu. Namun berkat bimbingan Tuhan semuanya dilewati dengan lancar.  

Di akhir wawancara, wanita yang sudah memiliki dua belas cucu ini berbagi pengalaman dalam pelayanannya selama puluhan tahun itu bahwa di dalam pelayanan kita harus memiliki motivasi yang benar selain itu juga harus didukung dengan ketulusan serta kejujuran. Jikalau kita sudah melaksanakan semuanya niscaya Tuhan akan selalu memberkati pelayanan kita. Kesulitan pasti ada namun Tuhan juga yang akan membantu menyelesaikanNya. “Karena Dia sendiri yang telah mengutus kita untuk mengerjakan tugas tersebut,” pungkasnya bijak mengakhiri wawancara sambil bersiap untuk acara pergantian pengurus WKRI Paroki HKY malam itu. (*)

Oleh : Theresia Margaretha


0 Responses to “Melayani Karena Panggilan Hati”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: