24
Jul
10

Identitas Umat Pilihan

Kita semua sebagai umat Katolik adalah umat pilihan Allah, sebagaimana disabdakan Yesus, “Bukan kamu yang memilih aku. Melainkan Akulah yang telah memilih kamu”. Pilihan itu bukan main-main, sebab Tuhan sendirilah yang telah berkenan memilih kita untuk dijadikan umat pilihanNya. Dan sebagai umat pilihan, tentu saja hidup kita pun lantas tidak bisa sembarangan karena kita harus menjaga citra sebagai “umat pilihan” itu.

Dalam membangun bangsa pun diharapkan kita sebagai umat pilihan dapat ikut berperan, yaitu dengan memberi warna-warna yang baik di segala segi kehidupan. Tentunya juga membawa serta identitas kita sebagai umat Katolik. Melalui sikap dan kesaksian hidup kita yang benar diharapkan orang akan langsung tahu bahwa kita adalah orang Katolik. Tidak masalah kita berada di level mana. Jika kita pimpinan, diharapkan kita menjadi pimpinan yang baik. Jika kita bawahan, kita menjadi bawahan yang baik. Jika kita wakil rakyat, kita berusaha menjadi wakil rakyat yang baik. Pokoknya apapun profesi kita, kita harus menjalankan semua itu dengan baik, benar dan bertanggung jawab. Sehingga tidak mempermalukan identitas Katolik yang telah terlanjur melekat pada diri kita.

Memang diakui hal tersebut tidaklah mudah seperti halnya kita membalikkan telapak tangan. Sebab kita ibarat anak domba ke tengah-tengah serigala. Tetapi meskipun kita anak domba janganlah menjadi domba yang dungu. Melainkan jadilah anak domba yang bijak, yang memiliki sifat cerdik seperti ular dan lembut seperti merpati.

Beragam godaan pasti akan kita jumpai di sepanjang perjalanan. Segala tawaran dunia yang menarik sering menjadi iming-iming bagi kita. Bahkan tak jarang benturan yang menyakitkan pun ikut menjadi penghalang langkah kita. Namun kita tak perlu takut apalagi lantas kuatir karena Dia yang telah memilih kita berjanji tidak akan meninggalkan kita. Dia akan selalu menyertai kita sampai pada akhir jaman. Jadi kenapa kita mesti takut, yang perlu kita lakukan adalah percaya dan setia kepadaNya. Karena hanya keteguhan iman itulah bekal kita dalam melaksanakan tugas perutusan di dunia ini.

Pada edisi ini kami menampilkan wawancara dengan umat tentang “Peran apa yang bisa diambil umat Katolik bagi bangsa” menurut mereka. Yang tentunya diharapkan bukan sekedar statement kosong tak bermakna. Namun dengan segenap hati dapat direalisasikan dalam hidup yang nyata.  Juga liputan serta rubrik lain yang menarik untuk disimak.

Selamat menikmati, Tuhan Yesus memberkati.


0 Responses to “Identitas Umat Pilihan”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: