10
Apr
10

Komunikasi, Kunci Keutuhan Keluarga

Pendalaman Aksi Puasa Pembangunan (APP) Wilayah IV

Tema Aksi Puasa Pembangunan (APP) 2010 Keuskupan Surabaya adalah “Aku Cinta Keluargaku”. Tema ini merujuk pada pencanangan 2010 sebagai Tahun Keluarga dan Habitus Baru. Untuk itu, Tim Katekese Kevikepan Surabaya Kota menyusun buku doa ibadat untuk menyambut Paskah. Dalam buku pendalaman APP disusun 4 subtema antara lain: 1) Aku bagian dalam keluarga. 2) Aku terbuka dengan keluarga. 3) Aku teladan dalam keluarga. 4) Doa bersama dalam keluarga.

Pada 1 Maret 2010 di rumah Neck Ingkiriwang Wilayah I PHKY mengadakan pendalaman APP pertemuan ke-2 dengan tema “Aku terbuka dengan keluarga”.

Bahan renungan dalam pertemuan ini adalah cerita nyata berjudul “Bicaralah sebelum terlambat”. Cerita ini mengambarkan minimnya komunikasi antara istri dan suami. Salah paham sering terjadi karena kurangnya komunikasi. Pesan dari cerita ini adalah pentingnya berbicara dari hati ke hati. Komunikasi adalah kunci keutuhan keluarga.

Neck ingkiriwang selaku tuan rumah sekaligus Ketua II DPP HKY sempat mengingatkan agar orang muda juga turut aktif dalam kegiatan Wilayah dan Lingkungan. “Tahun Keluarga itu artinya juga anak-anak ikut dilibatkan, mereka juga anggota keluarga. Jangan cuma orangtuanya saja yang aktif,” ujar Neck menutup pendalaman APP malam itu. (*)

Ferdinand “Oki” Vidiandika


0 Responses to “Komunikasi, Kunci Keutuhan Keluarga”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: