10
Apr
10

Cinta Diri adalah Sumber Kelemahan

Seminar Komunitas Tritunggal Mahakudus

Bertepatan dengan hari libur nasional pada Jumat-Minggu (26-28/2) bertempat di Catholic Center jalan Bengawan 3, Komunitas Tritunggal Mahakudus (KTM) wilayah timur distrik Surabaya mengadakan seminar “Mengatasi Kelemahan” dengan subtema “Mengatasi Kelemahan yang Bersumber pada Cinta Diri”. Seminar yang dihadiri sekitar 300-an orang ini dibimbing oleh dua orang suster dari Putri Karmel yaitu Sr. Cicilia dan Sr Eusebia.

Cinta diri berlebihan dapat melemahkan seseorang. Ada 7 dosa pokok yang bermuara pada rasa cinta diri sendiri yaitu sombong, iri hati, rakus, marah, kikir, cabul dan malas. Masing-masing dosa pokok ini dibahas dalam sessi bersambung.

Cinta diri adalah cinta yang meruntuhkan. Sedangkan cinta Allah dan sesama dapat membangun diri kita. Kisah tentang Yesus yang dicobai di padang gurun oleh iblis menggambarkan betapa cinta diri dapat menjatuhkan kita dalam dosa. Yang ditawarkan kepada Yesus adalah kenikmatan daging, kenikmatan materi dan nafsu berkuasa. Ketiga tawaran itu juga menjadi tawaran dalam hidup sehari-hari kita. Rasa cinta diri yang berlebihan akan menjerumuskan kita dalam tawaran-tawaran itu.

Tentang dosa iri hati, pembicara memberi contoh bagaimana orang-orang kudus dapat terhindar dari dosa ini yaitu dengan penyangkalan diri. Dengan berpandangan bahwa seluruh hidup kita berjalan dan dihidupi oleh Allah, maka kita tidak akan silau oleh benda duniawi yang membuat kita iri hati.

Hartono ketua panitia mengaku senang dengan antusiasme peserta yang setia mengikuti acara selama tiga hari. “Itu tandanya Roh Kudus ikut bekerja,” ujarnya. (*)

Daniel Gesang Wibowo


0 Responses to “Cinta Diri adalah Sumber Kelemahan”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: