06
Jan
10

Toko Murah ; Dari, Oleh dan Untuk Umat

Charity Goodwill merupakan satu dari sekian bentuk pelayanan di Paroki HKY yang berorientasi pada kegiatan sosial. Kegiatannya adalah menjual barang-barang kebutuhan dengan harga yang murah. Sasarannya tentu saja umat Paroki HKY. Namun, tidak menutup kemungkinan jika ada warga sekitar yang berminat.

Berawal dari keprihatinan terhadap umat yang kesulitan dalam memperoleh barang-barang kebutuhan sehari-hari, maka tercetuslah sebuah gagasan untuk mendirikan sebuah toko murah.

Ditemui Benedizione di kediamannya, Lana Kosasih (67), satu dari empat orang pengelolanya menjelaskan bahwa dengan kegiatan ini dapat memfasilitasi serta meringankan umat dan warga sekitar dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Barang-barang kebutuhan ini didapat dari sumbangan umat, yang kemudian dipilah-pilah untuk mendapatkan barang yang layak jual. Hasil dari penjualan ini cukup untuk memenuhi biaya operasional, termasuk menggaji dua orang pegawai pengelola toko. Alhasil, kegiatan ini pun bisa menjadi lahan pekerjaan. 

Sejauh ini, kegiatan toko murah yang beroperasi pukul 09.00 sampai 16.00 ini dirasa cukup efektif dan mendapat perhatian umat dan warga sekitar.

“Memang ada penurunan jumlah umat yang datang ketika lokasinya berpindah dari Gereja HKY ke Catholic Center jalan Bengawan 3, karena belum banyak umat yang tahu. Tapi, sekarang sudah banyak umat yang datang,” ungkap Ibu 2 anak ini.

Seiring berjalannya waktu, ada keprihatinan yang dirasakan oleh Lana, yakni tatkala sumbangan-sumbangan yang diterima tidak lagi layak untuk dijual. Akibatnya, toko dipenuhi oleh barang-barang hasil sortiran dan justru kekurangan barang untuk dijual. Hal lain yang kerap menjadi hambatan adalah kurangnya orang-orang yang mau terlibat dalam pengelolaan Charity Goodwill ini. Di samping itu, masalah waktu juga menjadi kendala dalam kelangsungan kegiatan ini.

Sesekali para pengelola berkumpul untuk membahas hal-hal penting terkait dengan aktivitas toko murah dari, untuk dan oleh umat ini. Kegiatan ini dirasakan oleh Lana sebagai satu bentuk pelayanan, sehingga iapun melakukannya dengan senang hati. Lana berharap agar pada masa mendatang akan semakin banyak orang yang mau terlibat dalam mengelola dan mengembangkan kegiatan-kegiatan sosial semacam ini. (*)

Oleh : Agnes Lyta Isdiana


0 Responses to “Toko Murah ; Dari, Oleh dan Untuk Umat”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: