06
Jan
10

PLUSS Ganti Pengurus

Pengurus PLUSS (Paguyuban Lanjut Usia Santo Simeon) masa baktinya habis dan harus diganti, karena sudah dua periode lebih. Itu terjadi pada Jumat 23 Oktober 2009 lalu.

Romo Eko Budi Susilo sendiri berkenan melantik pengurus baru dalam perayaan Ekaristi khusus di gereja HKY. Sebuah panitia kecil pimpinan Ch. Soekonjoto telah mempersiapkan segala sesuatu demi kelancaran seluruh acara pelantikan dan serah terima jabatan pengurus baru PLUSS.

Pelantikan kali ini tidak dilaksanakan di panti imam, karena beberapa orang sudah tidak sanggup naik turun tangga dan sebagian tidak tahan berdiri lama. Maka pengurus baru dilantik tanpa meninggalkan tempat masing-masing. Tepat pukul 09.00 perayaan Ekaristi dimulai, dimeriahkan oleh paduan suara pimpinan Diana Suparto. Kurang lebih 160 orang hadir, termasuk calon anggota pengurus yang akan dilantik, para undangan dan anggota biasa.

Seusai homili, ceremoniaris memanggil para pengurus baru dan kemudian dilantik oleh romo Eko Budi. Setelah mengucapkan ikrar dan didoakan, mereka diperciki air suci. Setelah ibadat dilanjutkan dengan doa umat dan persembahan hingga misa selesai. Usai perayaan Ekaristi semua anggota dan pengurus PLUSS yang hadir disilakan menuju aula di sebelah timur gereja untuk menyaksikan serah terima jabatan (sertijab) pengurus lama kepada pengurus baru.

Tidak nampak wajah baru, kecuali Imelda sebagai Ketua Seksi liturgi, sedang yang lain adalah orang lama yang hanya tour of duty saja.

Untuk masa seterusnya, Soekonjoto akan menjadi pelaksana upacara-upacara bila ada peristiwa penting sesuai program kerja PLUSS. Kepada pengurus lama yang diberhentikan dengan hormat karena masa baktinya habis, diberikan sertifikat ucapan terima kasih.

Acara sertijab berlangsung cepat dan tertib. Sambil menerima sertifikat para anggota pengurus lama dan baru bersalam-salaman. Sementara itu, hadirin yang lain sudah menerima konsumsi berupa nasi kotak. Ada yang menikmati makan siang di tempat sambil mendengarkan permainan organ oleh seorang anggota pengurus yang baru saja dilantik, yang juga Ketua III DPP HKY ialah Bambang Purwantoro.

Acara hari itu memang dikemas sangat sederhana. Anehnya, meski koordinasi kurang, tetapi semua lancar karena selalu ada kerjasama yang kompak dengan semboyan “dari lansia oleh lansia”. Soekonjoto walaupun tampil pertama kali di kalangan PLUSS, sangat “pede”, tidak panik dan tidak grogi.

Selamat kepada pengurus baru PLUSS. (*)

Oleh : A.J. Rahadi


0 Responses to “PLUSS Ganti Pengurus”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: