15
Oct
09

Pramupas Jenjang ke-2 di PHKY

Hal 24MUPAS banyak mengikutsertakan  penyertaan umat untuk ikut dalam pemikiran pengembangan Gereja terutama di Keuskupan Surabaya, di mulai dari lapisan bawah yaitu Lingkungan. Sebagai lanjutan dari PraMupas di jenjang pertama yang diadakan di Lingkungan-lingkungan, PHKY mengadakan pramupas jenjang ke 2 yang diadakan satu hari di Catholic Center, jalan Bengawan 3 pada 9 Agustus lalu.

Mereka yang hadir adalah utusan Lingkungan untuk mengawal masukan dari jenjang pertama. Mereka ambil bagian aktif untuk berpikir yang terbaik bagi seluruh umat dalam lingkup PHKY dan ambil bagian aktif dalam penyusunan.

“Tujuan khusus penyelenggaran pramupas di jenjang ke-2 ini adalah menyaring masukan kata-kata kunci dari kelompok-kelompok kecil agar diperoleh dua kata kunci ‘cita-cita hidup menggereja’ beserta alasannya. Dan mengusulkan bidang-bidang pastoral yang paling mendukung terwujudnya setiap kunci usulan, beserta alasannya,” ujar romo Tri Kuncoro Yekti dalam pengantar acaranya.  Romo yang akrab dipanggil romo Cuncun ini adalah kepala Kantor Koordinasi Pastoral atau sekretariat eksekutif Vikjen Keuskupan Surabaya.

Selanjutnya romo Cuncun juga menerangkan urutan pelaksanaan pramupas jenjang ke-2 ini. Diawali dengan diskusi di kelompok kecil, dengan waktu yang ditetapkan, proses dalam kelompok (perkenalan, membaca kitab suci, sharing, membuat dan menyerahkan laporan kepada moderator acara), baru ke pleno.

Mulai di pembentukan kelompok, tampak di situ antusias peserta mulai terlihat. Kelompok di tempat yang telah disepakati dipilih ketua (untuk memimpin proses dalam kelompok), notulis (untuk mencatat ungkapan yang muncul) dan juru bicara kelompok (untuk melaporkan secara ringkas dan jelas pada waktu pleno). Selanjutnya mereka mulai mencari ayat  aman yang menyentuh persiapan pribadi yang sudah dibuat berkenaan dengan bacaan “jati diri katolik : Persekutuan”.

Di sesi kedua, baru diadakan pleno. Di bagian ini ada dua pleno dengan maksud dan hasil yang berbeda.

Pada pleno pertama, setiap kelompok mempresentasikan hasil kelompok secara ringkas dan jelas. Selanjutnya fasilitator menggabungkan laporan kelompok-kelompok ke dalam satu format dalam kerangka bidang-bidang pastoral.

Pada pleno kedua, fasilitator mempresentasikan secara keseluruhan kata-kunci dan alasan hasil rekoleksi jenjang pertama dari lingkungan masing-masing. Selanjutnya mempresentasikan pengelompokan kata kunci sesuai jenis, dengan memperhatikan alasan atau penjelasan tiap kata kunci.

Proses dilanjutkan dengan menentukan 1 kata kunci induk untuk masing-masing kelompok kata kunci, menentukan 2 kata kunci induk yang paling penting, yang jika dipadukan akan berdampak paling besar untuk keseluruhan PHKY. Hadirin juga diajak untuk menentukan 2 bidang pastoral dari hasil pertemuan pleno 1 yang dinilai paling cocok dan menunjang terwujudnya kata kunci. 

Jika kata kunci jenjang pertama menggambarkan cita-cita atau impian bersama tentang insan-insan Katolik dalam gereja, maka kata kunci jenjang kedua ini merangkum dan mewakili semua kata kunci jenjang pertama.

Sebagai dasar kriteria penentuan pilihan, hadirin diminta untuk memanfaatkan bacaan pribadi dan teks kitab suci.

Setelah melewati semua proses di atas,  akhirnya kata kunci dipadatkan menjadi 2 kata kunci dan 2 bidang pastoral untuk tiap kata kunci paroki.

Meski sempat banyak perbedaan pendapat, akhirnya pramupas jenjang ke-2 PHKY menemukan dan menyepakati dua kata kunci yaitu “Pelayanan sejati dan missioner”.

Selanjutnya, hasil ini akan dibawa ke jenjang ke-3 di tingkat Kevikepan Surabaya Selatan untuk dipertajam dengan menambahkan “prioritas program” dan “nilai hidup, prinsip atau semangat motivasional”.

Semua proses di paroki sudah dilalui, kini saatnya menyongsong Mupas dan menyambut hasilnya dengan sukacita layaknya murid-murid Kristus.

Robertin Ratnaning


0 Responses to “Pramupas Jenjang ke-2 di PHKY”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: