15
Oct
09

Perayaan HUT Ke-1 Adorasi Abadi

Sujud Berdoa Hingga Subuh

Hal 20Tidak terasa setahun sudah, tepatnya 8 September 2009 paroki Hati Kudus Yesus (HKY) Surabaya memiliki Rumah Adorasi Abadi. Seperti lazimnya HUT komunitas yang lain, HUT Adorasi Abadi ini pun juga dirayakan yaitu dengan mengggelar misa syukur yang diteruskan dengan vigili di gereja HKY, Jumat 11 hingga 12 September yang lalu.

Acara yang didukung oleh AHFI (Alliance of The Holly Family International) atau Persekutuan Keluarga Kudus Internasional Keuskupan Surabaya ini berlangsung cukup meriah dan khidmat. Sambutan dari umat pun sangat luar biasa. Tidak terbatas dari umat paroki HKY saja, umat dari paroki lainpun juga antusias mengikuti acara tersebut. Hal itu terlihat dari banyaknya umat yang memenuhi gedung gereja dan setia mengikuti acara demi acara dari awal hingga akhir.

Tepat pukul 18 acara dibuka dengan misa Ekaristi yang dipersembahkan oleh selebran Rm. Eko Budi Susilo selaku romo moderator Adorasi Abadi PHKY didampingi oleh Rm. Eko Wiyono dan Rm. Harjanto. Berbeda dengan misa harian biasanya, kali ini setelah doa umat terselip Doa Penyerahan Keluarga Kepada Keluarga Kudus Dari Nazareth, Janji Kemurnian Bagi Orang Muda dan Janji Kesetiaan Perkawinan Bagi Para Suami Isteri.

Setelah rehat santap malam, acara dilanjutkan dengan Sakramen Rekonsiliasi, yang diisi dengan Ibadat Tobat, doa Rekonsiliasi dan diakhiri dengan pengakuan dosa secara pribadi yang malam itu dilayani oleh tujuh orang romo. Kemudian acara dilanjutkan dengan Inspirational Talk-Vigili (Home Enthronement). Dalam sesi tersebut selain diisi dengan kesaksian juga disampaikan suatu program yang dimiliki AHFI yaitu suatu program kerasulan kunjungan keluarga yang bertujuan untuk menumbuhkan kembali kekudusan di dalam keluarga. Keluarga tersebut dikunjungi dan diajak untuk berdoa rosario, membaca kitab suci, berdamai satu sama lain dan ibadat bersama. Anggota keluarga juga dituntun untuk mempersembahkan kehidupan keluarga seutuhnya kepada Hati Yesus Yang Mahakudus dan Hati Maria Yang tak Bernoda. Sekali sebulan keluarga tersebut bersama kelompok rohani lain diundang untuk menghadiri ibadat persekutuan pemulihan (communion of reparation).

Ibadat dimulai pada Jumat pertama malam dan berakhir pada Sabtu dini hari (vigili). Kemudian acara dilanjutkan dengan doa rosario yang pada malam itu mengambil peristiwa terang.

Setelah coffee break, acara dilanjutkan dengan Ibadat sembilan bacaan dan doa Kerahiman Ilahi (koronka). Selama ibadat tersebut berlangsung Sakramen Mahakudus ditahtakan di meja altar. Kemudian diakhiri dengan berkat Sakramen Maha Kudus dan penempatan kembali Sakramen Maha Kudus ke Tabernakel.

Pukul 02.15 acara ditutup dengan misa Ekaristi yang dipersembahkan oleh Rm. Haryo Pranoto dan Rm. Damianus. Dalam khotbahnya pagi itu Rm. Haryo menyampaikan bahwa untuk membangun kehidupan rohani yang baik selain memakai tenaga sendiri juga diperlukan kekuatan Tuhan yang dapat diperoleh dengan berdoa yang tidak kunjung putus.

Misa itu secara khusus juga mendoakan para imam dan biarawan-biarawati serta tidak lupa juga memohon untuk panggilan imam.

Acara rampung pukul 03.15 yang diakhiri dengan pembagian skapulir coklat Santa Perawan dari Gunung Karmel yang telah diberkati kepada setiap umat yang hadir.

Theresia Margaretha


0 Responses to “Perayaan HUT Ke-1 Adorasi Abadi”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: