14
Sep
09

Kapolda Jatim : “Saya titipkan anak buah saya di Gereja”

Hal 11Berbeda dari biasanya, Minggu 28 Februari lalu, di Gereja HKY tampak puluhan polisi hilir mudik di pelataran gereja. Prosesi misa hari itu belum usai, tapi kesibukan aparat kepolisian seolah mengiringi doa yang didaraskan. Umat yang kebetulan duduk di sayap barat gereja tampak khusuk dan seolah tidak terganggu dengan situasi di sekitarnya.

Setelah memberian berkat perutusan, Romo Harjanto yang mempersembahkan misa kudus hari itu, mengumumkan datangnya tamu istimewa. Tamu itu adalah Brigjend Polisi Anton Bachrul Alam, Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur (Kapolda Jatim) yang baru dilantik. Ditemani Romo Eko Budi selaku kepala paroki, Kapolda Jatim yang sebelumnya dikenal sebagai Wakil Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Markas Besar Kepolisian RI (Wakabid Humas Mabes Polri) itu naik ke altar diiringi tepuk tangan umat.

Setelah memperkenalkan diri Anton Bachrul mengucapkan terimakasih  telah diberi kesempatan untuk bertemu umat Katolik di Surabaya. Sebagai pejabat baru, dirasa perlu untuk bersilaturahmi dengan semua golongan yang ada di wiIayah kerjanya. Selain bersilahturahmi, mantan Kapolda Riau ini mengharapkan dukungan umat Katolik Surabaya dalam menjalankan tugas.

Dalam sambutannya,  dia menitipkan 400 personil polisi yang beragama Katolik untuk dibina gereja. Anton Bachrul merasa selain profesionalitas kerja diperlukan kesehatan spiritual yang baik. Kesehatan spritual menurutnya hanya bisa diperoleh dengan mendekatkan diri kepada Tuhan. Aparat polisi perlu mendapat pembinaan spritual agar bisa maksimal dalam melayani  masyarakat.

Setelah memperkenalkan diri di hadapan umat, rombongan meluncur ke kediaman Uskup.  Di sana sudah menunggu Mgr. Sutikno yang menyambut dan mengucapkan selamat datang. Dalam obrolan hangat sambil menikmati kopi, Anton Bacrul merasa bersyukur mendapat kesempatan bertemu Uskup Surabaya.  Mgr. Sutikno dengan guyonan khasnya mengatakan, baru kali ini ada Kapolda yang masuk ke kantor keuskupan. Uskup berpesan agar dalam masa kepemimpinan Kapolda yang baru ini ada perbaikan yang signifikan terhadap kinerja kepolisian di wilayah Jatim terutama untuk menjaga kerukunan dan keharmonisan warga.

Dihadapan Uskup, sekali lagi dititipkan aparat kepolisian yang beragama Katolik untuk mendapat pembinaan spiritual. Pertemuan dengan Uskup ini kemudian ditutup dengan jamuan makan siang. 

Andre Yuris


0 Responses to “Kapolda Jatim : “Saya titipkan anak buah saya di Gereja””



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: