12
Sep
09

Bakti Sosial General Check-Up Murah Meriah

Hal 15Setelah pelantikan pengurus Dewan Pastoral Paroki (DPP) Hati Kudus Yesus (HKY) Agustus 2008 lalu, bidang Sosial Kemasyarakatan (Bidang II) khususnya Sie Kesehatan yang dimotori oleh dr. Trianto dan Lucia Nurjati punya gawe menyambut Natal 2008 yaitu mengadakan program peduli kesehatan umat dan masyarakat umum berupa pemeriksaan menyeluruh (general check-up) dengan harga murah. Acara ini terselenggara atas kerjasama dengan sebuah laboratorium medis di Surabaya

Kegiatan ini dimulai dengan pendaftaran pada tanggal 22-30 November 2008, bertempat di poliklinik Paroki HKY. Pelaksanaannya mulai 1-13 Desember 2008. Tiap hari kegiatan ini dimulai pukul 07.00-10.00 (Senin-Jumat) dan pukul 07.00-10.00 dilanjutkan pukul 17.00-20.00 (Sabtu-Minggu).

Kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari umat dengan banyaknya jumlah pendaftar. Sekitar 80-90 orang per hari antre untuk mendapat layanan ini. Sebanyak 1102 orang tercatat mendaftar dan dilayani oleh empat orang tenaga ahli medis dan beberapa relawan dari Wilayah. Pemeriksaan ini ada 2 jenis paket yaitu Paket I dengan harga Rp. 30.000 meliputi pemeriksaan kolesterol, asam urat, SGPT, SGOT, gula darah puasa sedangkan Paket II dengan harga Rp. 150.000 meliputi pemeriksaan darah lengkap 18 parameter, fall hati (SGOT, SGPT), fall ginjal, lemak darah, gula darah, immunologi (hepatitis B), ECG resting (rekam jantung).

Tidak seperti general check-up di tempat lain, kegiatan ini diminati oleh umat karena biayanya yang terjangkau. Di Surabaya, biaya general check-up bisa mencapai setengah juta, sedangkan di luar Surabaya biayanya berkisar antara tiga ratus ribu sekali periksa.

Proses pemeriksaan ini dimulai dengan berpuasa 8-10 jam menjelang tidur malam kemudian pagi harinya periksa ambil darah, periksa urine lalu periksa jantung (ECG) setelah itu menunggu 2 jam untuk pemeriksaan lebih lanjut kemudian pemeriksaan terakhir dengan mengambil darah (gula darah).

Acara ini awalnya ditujukan secara khusus untuk umat paroki HKY dan secara umum untuk umat Katolik lainnya. Kenyataannya, umat dari gereja lain juga turut mendaftar. Mereka tidak hanya dari Surabaya tapi juga ada dari Madura, Babat, Nganjuk dan Jakarta. Sebetulnya kegiatan ini akan ditutup pada 13 Desember 2008, tetapi antusiasme pendaftar memaksa panitia memberi tambahan waktu tiga hari dimana tanggal 14-15 Desember 2008 khusus untuk para romo-ro-mo dan karyawan Paroki HKY dan Keuskupan Surabaya. Sedangkan pada hari terakhir, 16 Desember 2008 dikhususkan untuk rombongan para pendeta beserta istri dari Nganjuk yang berjumlah 25 orang dengan koordinatornya Pdt. Yohanes Rorimpunung. Para pendeta ini tergabung dalam satu komunitas yang bernama Persekutuan Garis Depan Nganjuk yang terdiri dari Gereja Sidang Jemaat Allah (GSJA), Gereja Pantekosta Di Indonesia (GPDI), Gereja Utusan Pantekosta (GUP), Gereja Bethel Tabernakel (GBT). “Kegiatan ini sangat membantu buat kami dan terima kasih buat Paroki HKY atas berkat ini sekiranya baksos ini bisa dilaksanakan di kota kami di Nganjuk,” ujar Pdt. Yohanes Rorimpuning dari GJSA.

Fungsi Sie Sosial

Dalam buku Bagan dan Job Description Team Kerja Dewan Pastoral Paroki HKY di bagian keterangan tentang seksi sosial paroki disebutkan bahwa fungsi seksi sosial paroki adalah “…(2.c) mengkoordinir kegiatan pelayanan dalam bidang kegiatan sosial ekonomi termasuk kesehatan dan pendidikan.” Sementara di bagian Bidang Pelayanan dituliskan “…(4.c.5.) mengadakan kegiatan lainnya sehubungan untuk menjaga kesehatan (pemeriksaan darah, pap smear, dll) serta kegiatan sosial kesehatan lainnya (donor darah, pengobatan massal, khitanan massal, dll).”  (*) Oleh : Ferdinand Vidiandika


0 Responses to “Bakti Sosial General Check-Up Murah Meriah”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: