11
Sep
09

Lebih Dekat Dengan Sie Pendampingan Keluarga

Hal 37Sie pendampingan keluarga Katolik ialah perangkat pastoral Paroki untuk mendampingi  keluarga-keluarga Katolik yang didasarkan pada iman dan moral Katolik. Tujuannya adalah untuk memberikan pola pendampingan keluarga pada perkawinan Katolik, memberikan semangat pada pasangan suami-istri dalam upayanya mencapai kesejahteraan dalam berkeluarga, memberikan dukungan agar dapat menghayati perkawinan secara kristiani dan membantu mereka mendidik anak-anak secara kristiani.

Hal ini dilakukan dengan beberapa cara. Pertama, mengunjungi keluarga-keluarga di tempat tinggal mereka. Kedua, mendampingi keluarga lewat kelompok-kelompok kategorial seperti; ME (Marriage Encounter), Paguyuban Tulang Rusuk dan CFC ( Couples for Christ) dan yang ketiga melalui ceramah, diskusi, seminar, rekoleksi atau retret.

Menurut Paulus Prapto Wibowo, koordinator Tim Kerja Kerasulan Keluarga DPP HKY, indikasi keberhasilan dari tugas pokok pola pendampingan ini ialah kesejahteraan (yang meliputi aspek fisik, mental, sosial, moral dan spiritual) dan perkembangan iman (yang meliputi aspek pengetahuan, pewartaan, kesaksian dan persaudaraan dengan saudara seiman).

Dijelaskan juga dalam perkawinan Katolik ada tiga tahap yang harus disiapkan dahulu oleh pasangan sebelum mengikat janji suci. Pertama persiapan jauh yaitu pendidikan yang dimulai sejak usia sekitar 12 tahun, untuk membantu memahami dan menerima seksualitas dengan rasa syukur. Kedua, persiapan dekat, sejak masa pacaran agar dapat mengenal secara bijaksana yaitu dengan kasih sayang yang murni dan sopan. Ketiga, persiapan akhir, dilaksanakan beberapa minggu sebelum pernikahan untuk dapat mempersiapkan pernikahan dengan baik.

Sie pendampingan keluarga Katolik PHKY sebenarnya sudah lama berada di tengah-tengah umat paroki, akan tetapi sedikit sekali keluarga-keluarga yang tahu keberadaan tim ini. Hal ini diakui oleh Prapto. Dari beberapa kali pergantian pengurus, sedikit sekali umat di PHKY yang mau terlibat dan berperan serta dalam mensejahterakan keluarga. Problem lainnya mungkin karena umat sendiri kurang merespon atau memang minimnya sosialisasi dari sie pendampingan keluarga Katolik yang belum sampai ke umat.

Prapto mengatakan saat ini diri nya baru saja dipercaya oleh DPP untuk mengemban tanggung jawab untuk mengkoordinir tim kerja ini. Karena masih baru dan dalam proses mencari anggota, bukan berarti pria kelahiran Malang 55 tahun ini tidak mempunyai program kerja.

Dalam program setahun ke depan ini ada beberapa agenda kegiatan yang sudah disiapkan. Pertama, melaksanakan edukasi dengan memasukan kutipan-kutipan tentang keluarga dan perkawinan pada Newsletter HKY. Kedua, melaksanakan pengenalan pada keluarga-keluarga di PHKY melalui pertemuan di Lingkungan, Wilayah dan Paroki untuk memperoleh gambaran tentang minat dan kebutuhan secara umum. Ketiga, melaksanakan forum-forum pembelajaran berupa diskusi dan seminar dengan tema sesuai minat dan kebutuhan umat PHKY.

Secara umum Sie Pendampingan Keluarga hanya dapat membantu keluarga-keluarga untuk menemukan jalan keluarnya sendiri dan saat ini Sie Pendampingan Keluarga sangat membutuhkan partisipasi umat.

“Kami sangat membutuhkan masukan-masukan tentang apa yang diinginkan dari keluarga-keluarga Katolik dalam rangka menjaga keutuhan rumah tangga sekaigus menumbuhkan iman dalam keluarga. Jika ada umat PHKY yang ingin berkonsultasi soal hidup keluarga Katolik, dapat mengirim surat elektronik (email) ke alamat prsrsb@gmail.com,” ujar suami dari Sri Harum Sari ini. (*)

Oleh : Fransiscus Gandhi Muda


0 Responses to “Lebih Dekat Dengan Sie Pendampingan Keluarga”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: