15
Mar
12

Melayani Dengan Hati

Rekoleksi Paduan Suara PHKY

Menjadi seorang pelayan gereja perlu kiranya mendapat siraman rohani untuk lebih memurnikan motivasi pelayanan. Hal inilah yang menjadi latar belakang diadakannya rekoleksi untuk anggota paduan suara/koor di PHKY.
Rekoleksi ini diikuti oleh perwakilan dari Wilayah 1 – 6 dengan mengirimkan masing-masing 15-20 anggota koor yang aktif. Mengambil tempat di Wisma Griya Samadhi Vincentius (GSV) Prigen, rekoleksi ini dibimbing oleh romo Haryo Subianto, CM dalam tema “Melayani dengan Hati “.
Dalam sesi satu peserta diajak untuk berefleksi dengan panduan tiga pertanyaan pokok, yaitu mengapa aku melayani, apa itu melayani dan bagaimana aku melayani. Dalam pengantarnya romo Haryo menjelaskan hakekat seorang pelayan yaitu orang yang melayani pada orang lain yang dianggap lebih berharga, berkedudukan, bermartabat, dsb. Selanjutnya, alasan paling mendasar dari seseorang dalam melayani adalah tidak ingin dipuji. Sedangkan alasan yang lebih tinggi adalah melayani karena panggilan hidup sebagai murid Yesus. Pemahaman yang terakhir ini yang diharapkan menjadi motivasi dasar para pelayan gereja khususnya anggota koor Wilayah.
Perikop dalam Matius 20:28 yang berbunyi “sama seperti Anak Manusia datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani” hendaknya menjadi acuan dasar untuk pelayanan gereja demi menghindari munculnya motivasi lain yang kurang pantas. Sebagai murid Yesus, apa yang telah diteladankanNya hendaknya juga tercermin dalam sikap pelayanan anggota paduan suara.
Tidak mudah untuk mencapai hal itu karena kita harus bisa mengendalikan ego pribadi untuk sampai pada pelayanan sejati kepada sesama kita. Hal lain yang ditegaskan oleh Rm. Haryo adalah mengetahui hambatan-hambatan untuk menjadi seorang pelayan di antaranya egosentrisme (dari dalam diri sendiri), ingin dihargai dan diperhatikan secara berlebihan, dsb. Sedangkan hambatan dari luar diri sendiri di antaranya, faktor kepentingan keluarga, kepentingan masyarakat, pekerjaaan , dsb.
Menjadi seorang pelayan gereja hendaknya memiliki satu spritualitas rohani yang terus-menerus dijalani. Romo Haryo memberikan contoh teladan dari Bunda Maria yang memiliki keteguhan iman dan kerendahan hati yang luar biasa. Meskipun tidak bisa sempurna seperti Bunda Maria namun ada banyak hal yang dapat diteladani di antaranya lemah lembut dan rendah hati.
Ketaatan Maria pada kehendak Allah membuatnya menerima anugerah Ilahi menjadi Bunda Kristus.
Kerendahan hatinya tercermin dengan sikapnya yang lebih banyak diam (mengendalikan kata-katanya) dan berusaha mengerti dan memahami apa yang dikehendaki oleh Bapa di surga. Ketenangan hati Maria dan kejernihan dalam berpikir sebelum bertindak serta selalu mengutamakan kehendak ilahi itu adalah bagian keutamaan hidup Bunda Maria.
Sebagai benang merah dari rekoleksi ini peserta diajak untuk terus menerus menghayati panggilan seorang pelayan gereja yang mau melayani dengan hati tanpa ada motivasi lain yang akan dapat menjerumuskan kita pada kesombongan dan penghargaan semata. Pelayanan yang tidak dilandasi dengan hati yang tulus tidak akan bertahan lama. Pelayanan seperti itu akan mudah “patah” oleh kekecewaan-kekecewaan semu yang bersumber dari hal-hal sepele.
Sebagai selingan akhir dari kegiatan rekoleksi diadakan kompetisi kecil paduan suara antar Wilayah dengan menyanyikan lagu yang belum pernah dikenal dengan waktu latihan yang terbatas. Acara ini diadakan untuk melihat kekompakan masing-masing koor Wilayah. Sebagai juaranya adalah koor dari Wilayah IV. Dari kompetisi kecil ini terlihat semua peserta ternyata memiliki semangat juang dan semangat pelayanan yang tidak diragukan lagi. Acara ditutup seusai makan siang. (*)
Oleh : Agustina Sucihati

About these ads

0 Responses to “Melayani Dengan Hati”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: